JawaPos Radar

Gunung Rinjani Makin Keren, Kini Jadi Geopark Dunia

Tugas Pemerintah Kian Berat

16/04/2018, 13:15 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
gunung rinjani, rinjani geopark dunia
Kawah Segara Anak di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Istimewa/Reka Amri)
Share this image

JawaPos.com - Gunung Rinjani akhirnya resmi ditetapkan sebagai geopark dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG). Tugas selanjutnya adalah merawat dan menjaga kekayaan hayati dan keragaman budaya yang ada di kawasan Global Geopark Rinjani.

General Manajer Geopark Rinjani Chairul Mahsul mengatakan, informasi diterimanya Rinjani sebagai anggota baru UGG sangat membanggakan. Capaian itu merupakan penantian panjang tim sejak Rinjani ditetapkan sebagai geopark nasional. ”Semua ini adalah buah dari perjuangan panjang,” kata pria yang akrab disapa CM itu dikutip dari Lombok Pos (Jawa Pos Group), Senin (16/4).

Penobatan menjadi UGG tentunya juga akan mendatangkan banyak insentif sekaligus tantangan baru dalam pengelolaan taman Rinjani. Sebab, gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), itu akan semakin dikenal banyak orang. Bahkan akan dimuat dalam website dan semua bahan informasi UNESCO. ”Sehingga ini adalah promosi bagi Rinjani,” kata CM yang juga Asisten II Setda NTB itu.

gunung rinjani, rinjani geopark dunia
Seorang wisatawan saat mendaki Gunung Rinjani beberapa waktu lalu. Salah satu daya tarik Gunung Rinjani adalah keberadaam Danau Segara Anak yang di tengahnya ada Gunung Barujari. (Ivan/Lombok Post/JPG)

Tantangan ke depan, semua pihak harus berkomitmen dan sama-sama bertanggung jawab untuk konservasi atau pelestarian. Sekaligus memanfaatkan keragaman geologi, hayati, dan keragaman budaya dalam kawasan Geopark Rinjani. ”Tujuannya untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Rencananya, batas kawasan Geopark Rinjani akan diperluas sampai wilayah selatan Pulau Lombok, sesuai rekomendasi UNESCO. Situs-situs dan jejak geologi gunung api purba di selatan Lombok akan masuk menjadi situs geologi Geopark Rinjani. Seperti Sementi, Pantai Telawas, sampai ke timur Tanjung Ringgit.

Untuk calon situs geologi jejak gunung api purba di selatan Pulau Lombok sudah disurvei oleh Badan Geologi Bandung dua minggu lalu. Ada yang akan menjadi situs geologi bagian dari UUG Rinjani dan ada juga yang akan ditetapkan sebagai warisan geologi di luar perluasan kawasan Geopark Rinjani.

Manager Geowisata dan Trekking Taman Bumi Rinjani Budi Karyawan mengatakan, Gunung Rinjani ditetapkan menjadi geopark dunia pada sidang UNESCO di Paris, Kamis (12/4) lalu.

Kata dia, ada konsekuensinya jika nilai kebumian NTB sudah diakui dunia. Mengingat perjuangan dalam pengajuan Rinjani sebagai geopark dunia membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak main-main.

“Konsekuensinya menjadi terkenal di dunia, apalagi kita juga punya tagline 'The Tropical bridge between Asia and Australia',” ujarnya.

Setelah ditetapkan, pekerjaan tidak hanya sampai di situ saja. Selain merampungkan pusat informasi geologi (PIG) Rinjani yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan, Budi juga menjelaskan, pihaknya tengah menyelesaikan logo Gunung Rinjani sebagai geopark dunia agar bisa bersanding dengan logo UGG. “Sedang kami persiapkan dan akan kami diskusikan juga, logo mana yang akan kami pilih,” imbuhnya.

Dia menerangkan, tidak hanya PIG dan logo saja yang menjadi bahasan utama, pemantauan Rinjani sebagai geopark dunia juga harus tetap dijaga. Karena setiap empat tahun sekali, UNESCO akan merevalidasi.

Ada beberapa persyaratan yang menjadi penilaian jika kawasan situs yang ditetapkan oleh UNESCO akan terus diawasi. Oleh karena itu, menjadi pekerjaan bersama hingga saat revalidasi Gunung Rinjani tetap konsisten menjaga status keanggotaan tersebut.

“Jadi kapan pun bisa dicabut ya. Kalau sudah ditetapkan, kita harus jaga itu. Nanti dilihat juga komitmen-komitmen kita yang sudah dinilai. Ada rekomendasi juga dari UNESCO, Rinjani harus melakukan ini, ini, dan ini,” papar Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB H Lalu Muhammad Faozal mengaku bangga dan bahagia karena Gunung Rinjani telah menjadi geopark dunia. Kata dia, tugas utama yang harus dilakukan bersama semua pihak adalah menjaga Rinjani.

“Apa yang kita lakukan untuk Rinjani, saya rasa semakin berat. Untuk pariwisata, ini adalah momentum agar Rinjani semakin mendunia,” ujar Faozal.

Untuk bidang pariwisata, tentu Gunung Rinjani sudah menjadi destinasi yang secara bersama dipromosikan oleh UNESCO. Itu berarti semua pihak sudah terbuka terhadap Rinjani. Untuk itu, masyarakat NTB maupun pemerintah yang memiliki Rinjani harus siap.

(fab/jpg/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up