JawaPos Radar

Candi Kalasan Miliki Moon Stone di Pintu Masuknya

11/10/2017, 23:32 WIB | Editor: Soejatmiko
Candi Kalasan Punya Moon Stone di pintu masuk
Candi Kalasan yang merupakan salah satu candi yang berada di Jogjakarta. Mempunyai keunikan berupa Moon Stone di pintu masuknya. (ridho hidayat/jawapos.com)
Share this

Jawapos.com- Kota seribu candi, menjadi salah satu julukan Jogjakarta yang memiliki banyak candi. Bangunan-bangunan pada masa lalu yang saat ini masih bisa dinikmati.

Candi Kalasan termasuknya bangunan yang bisa dikunjungi bagi wisatawan yang  meminati wisata heritage. Berada di Jalan Jogja-Solo kilometer 13, Kecamatan Kalasan, Sleman ini mempunyai arsitektur bangunan yang cukup unik, jika dibandingkan dengan candi-candi lainnya.

Seperti adanya Moon Stone yang merupakan petunjuk atau penanda masuk ke bangunan suci. "Moon Stone ini banyak ditemukan di India. Tapi kalau di Indonesia, adanya hanya di (Candi) Kalasan," kata Wiwit Kasiyati, Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogjakarta, Rabu (11/10).

Moon Stone ini merupakan batu yang dipahat setengah lingkaran. Membentuk seperti bulan. "Peletakannya kalau rumah sekarang seperti kita meletakkan keset di depan pintu masuk rumah," ucapnya.

Selain itu juga ada braja lepa. Berupa lapisan yang menempel di prasasti-prasastinya. Polesan braja lepa ini membuat candi tersebut bersinar keemasan.

Penikmati candi ini pun tak hanya mereka kaum tua. Mereka yang masih muda pun mempunyai ketertarikan untuk melihat lebih dalam candi tersebut.

Salah satunya adalah Wahyu Dianto, 24, warga Paten, Tridadi, Sleman, saat ditemui mengatakan awal suka datang ke tempat-tempat heritage seperti ini karena tertarik dengan pemandangannya.

"Dulu lebih suka datang karena pemandangannya. Seperti ke Candi Ijo. Tapi kalau sekarang mulai sedikit-sedikit ingin tahu, bagaimana bangunan itu berdiri," ucapnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up