JawaPos Radar

Siapkan Persembahan Istimewa untuk Raja Salman

09/03/2017, 07:11 WIB | Editor: Thomas Kukuh
Siapkan Persembahan Istimewa untuk Raja Salman
Mobil Raja Salman saat tiba di Bali, Sabtu (4/3) (MADE NAGI/EPA)
Share this image

JawaPos.com - Insan pariwisata di Bali begitu senang mendengar kabar perpanjangan liburan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Sebuah persembahan tarian Bali pun siap dipentaskan untuk raja berjuluk Sang Penjaga Dua Kota Suci itu.

“Kami sangat gembira dan terharu menbaca surat dari kedutaan besar Arab Saudi yang menyatakan Raja Salman memperpanjang liburannya di Bali. Kami ucapkan terima kasih kepada Raja Salman karena merasa nyaman, tenang dan bahagia di Pulau Dewata,” ungkap Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tjokorda Artha Ardana Sukawati, Rabu (8/3). 

Tjok Ace itu percaya dan yakin pesona laut Nusa Dua telah meluluhkan hati Raja Salman untuk tinggal lebih lama. Tentu saja liburan Raja Salman ini merupakan hal positif dan modal untuk promosi wisata Bali di pasar Timur Tengah. ”Peluang pasarnya sebenarnya terbuka sejak lama, hanya saja kedatangan Raja Salman menjadi momentum untuk Bali lebih agar percaya diri berpromosi ke Timur Tengah,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh PHRI, pengeluaran atau belanja wisatawan Timur Tengah sangat tinggai dibanding dengan wisman-wisman lainnya. Jika rata-rata wisatawan Eropa di Bali berbelanja sekitar 300 dollar AS (Rp 3,9 juta) per hari, maka wisatawan Timur Tengah bisa dua kali lipatnya. “Ini akan memberi dampak yang sangat bagus untuk pariwisata Bali,” ungkapnya.

Nah, sebagai rasa terimakasih kepada Raja Salman, Tjok Ace mengaku ingin memberikan persembahan tarian Bali kepada Raja Salmam. Apalagi mengingat hingga Rabu (8/3), aktivitas Raja Salman masih terpusat di St Regis.”Kami tak keberatan bila diminta mempersembahkan tarian adat Bali di hotel

tempat Raja menginap. Sebagai bentuk hotmat, kami ingin berbuat sesuatu untuk beliau. Kami ingin berikan persembahan tarian Bali yang mungkin bisa dipentaskan di sela-sela waktu beliau di hotel ,” ucapnya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya ikut menyimak pernyataan simpatik Tjok Ace tadi. Ingatannya kembali menerawang ke momen penyambutan Raja Salman di Bandara Ngurah Rai Bali, 4 Maret 2017. Saat itu, Raja Salman sangat terkesan dengan tarian "Selamat Datang" di Bali. 

Anak-anak kecil yang menari Pendet, membuat perhatian Sang Raja tidak bisa berpindah-pindah. Gerak-gerik anak-anak yang gesit, kompak, serempak dengan baju tradisional yang berwarna emas menyala itu benar-benar membuat raja terpesona. Mulai keluar dari pesawat hingga masuk ke dalam mobil Raja Salman masih sempat membuka kaca jendela untuk melambaikan tangan khusus ditujukan kepada para penari Tarian Pendet.

"Beliau terlihat senang dengan karya budaya Bali. Cultural perfomance Bali yang memang sudah kelas dunia. Dan sangat mungkin itu bisa kembali dipertunjukkan untuk Raja Salman dan seluruh delegasinya," papar Arief Yahya.  (jpg)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up