JawaPos Radar

Baca Nih, Efek Terbaru Kunjungan Raja Salman ke Indonesia

06/05/2017, 20:31 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
Baca Nih, Efek Terbaru Kunjungan Raja Salman ke Indonesia
Raja Salman bersama Presiden Jokowi saat kunjungan di Istana Bogor beberapa waktu lalu (RAKA DENNY/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com – Kementerian Pariwisata sudah menetapkan 10 destinasi wisata muslim di Indonesia. Penetapan itu berdampak positif dengan ramainya kunjungan wisatawan terutama yang berasal dari Timur Tengah. Tahun ini, jumlah wisatawan asing dengan tujuan plesir muslim akan digenjot hingga mencapai 3,7 juta atau naik 30 persen dari tahun lalu.

 

Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata Riyanto Sofyan menyebutkan,ada 10 destinasi wisata muslim yang semakin ramai dikunjungi wisatawan. Di antaranya Lombok, Sumatera Barat, Aceh, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Riau, Jawa Timur, dan lainnya.

 

“Tiga teratas untuk wisata muslim ditempati Lombok, Sumatera Barat, dan Aceh, lalu disusul Jakarta dan Jawa Barat,” katanya, Sabtu (6/5).

 

Menurutnya, sektor pariwisata muslim semakin beruntung usai kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Raja Salman dianggap menjadi daya tarik bagi industri di Timur Tengah.

 

“Raja Salman mengendorse, the best endorser yang nyaman bagi industri. Dan Indonesia kan by default sudah pasti muslim,” jelasnya.

 

Sementara di tingkat dunia, Indonesia menduduki posisi ranking ketiga dengan kategori destinasi wisata muslim versi Indeks Wisata MuslimGlobal (GMTI) Mastercard-Crescent Rating 2017. Peringkat pertama ditempati Malaysia dan kedua disusul Uni Emirat Arab. Indeks tersebut dilakukan pada daftar peringkat negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan non-OKI. 

 

Lalu selain wisata muslim, Kementerian Pariwisata juga sudah menetapkan 10 destinasi wisata yang akan disulap seperti Bali dalam program Bali Baru. Di antaranya, Danau Toba, Tanjung Layang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu dan Kota Tua Jakarta, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Labuan Bajo Flores, Mandalika Lombok, Wakatobi Sulawesi Tengah, dan Morotai. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up