JawaPos Radar

Chef Yuda Bustara: Kalau Gak Ada Kuah, Bukan Soto Namanya!

02/10/2017, 06:21 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Chef Yuda Bustara: Kalau Gak Ada Kuah, Bukan Soto Namanya!
Soto Betawi (YouTube)
Share this image

JawaPos.com - Sebagai makanan yang khas dengan kuah, soto dengan kaldu yang kuat dapat membuat penikmatnya ketagihan. Rasa segar dari kuah tersebut juga diutamakan dalam proses memasak sebuah soto.

Chef Yuda Bustara mengungkapkan, resep khas dari masakan soto, yakni kuah kaldunya. Meski soto di tiap daerah di Indonesia dimasak dengan cara dan bahan yang berbeda-beda.

"Resep khas sih gak ada, karena kan setiap soto beda-beda. Tapi yang pasti ada daging, ada kuah, ada protein dan sayurnya," ujarnya kepada JawaPos.com, Minggu (1/10).

Dia menekankan, satu kata yang paling mewakili soto adalah kuah. Kuah kaldu ayam, sapi, ikan serta kuah bening ataupun santan.

"Juga pasti ada kaldu, karena soto dikenal dengan kaldu yang enak. Soto itu terkenal dengan kuahnya. Kalo gak ada kuah itu bukan soto," tukas dia seraya tertawa.

Komentator ajang kompetisi chef di salah satu televisi swasta itu menceritakan, selama karirnya menjadi seorang chef, soto ayam paling diminati masyarakat Indonesia. Dia sendiri mengaku, menyukai soto dari tanah Ibu Kota, Soto Betawi.

"Yang paling diminati sih soto ayam, soto ayam kuning, saya suka Soto Betawi sih karena banyak jeroannya," serunya.

Yuda pun setuju dengan usulan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menjadikan soto sebagai ikon kuliner khas Indonesia. Sebab, masing-masing daerah bahkan hampir semua kota-kota di tanah air memiliki resep khusus sotonya.

"Setuju sih, soto itu cuma ada di Indonesia. Di indonesia di setiap pulau bahkan di setiap kota tuh ada, jadi setuju sih kalo dijadikan ikon," imbuh chef kelahiran tahun 1987 itu.

(cr3/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up