Jika Thailand Punya Tom Yam, Indonesia Punya Soto

01/10/2017, 17:46 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Ilustrasi salah seorang karyawan Soto Lamongan Warung Oro-Oro Dowo Malang sedang menyiapkan soto kepada pembeli. (Radar Malang/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dam Kementerian Pariwisata sedang menggenjot kuliner khas Indonesia sebagai penunjang sektor pariwisata. Hingga saat ini, Indonesia masih belum memiliki satu identitas kuliner khas yang paling diingat wisatawan jika berkunjung ke tanah air. Ternyata, soto digadang-gadang menjadi salah satu kandidat terkuat sebagai identitas kuliner khas Indonesia.

Menanggapi hal itu, Chef Hotel Aston Marina Abubakar sepakat dengan usulan tersebut. Dia menilai soto memang pantas menjadi makanan khas Indonesia karena memang asli tanah air. Soto memiliki kandungan bumbu rempah yang bersatu padu di dalam kuahnya.

"Soto memang pantas menjadi khas Indonesia. Karena seluruh wilayah di Indonesia hampir punya menu soto. Hanya bumbunya saja yang berbeda, namun tekniknya sama," kata Chef Abubakar kepada JawaPos.com, Minggu (1/10).

Chef Hotel Aston Marina Abubakar (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Abubakar menambahkan di negara lain juga memiliki berbagai menu mirip seperti soto, kuah dengan rempah. Di antaranya di India dan Thailand.

"Di India atau Thailand. Di Thailand ada Tom Yum. Tetapi tentu rasanya berbeda dengan soto. Soto di Indonesia ada banyak khas dan rasanya tiap daerah," kata Abubakar.

Menurutnya, ada satu rahasia di dalam setiap menu soto. Tiap daerah di Indonesia pasti mempunyai menu soto dengan rasa yang berbeda. Dari mulai kuah, isi, hingga cara penyajiannya.

"Mau apapun isi sotonya, kekuatan soto adalah pada kuahnya," kata Abubakar.

Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mencontohkan pasar internasional juga menyukai bidang kuliner yang merupakan bagian dri pariwisata. Bekraf tengah mengembangkan program “Kuliner Rasa Indonesia Mendunia”.

"Rasa soto yang khas, untuk itu kami ingin soto tanah air sama populernya dengan Tom Yam khas Thailand," kata Fadjar.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi