JawaPos Radar

5 Ragam Jenis Soto, Semua Tergantung dari Kuahnya

01/10/2017, 21:33 WIB | Editor: Yusuf Asyari
5 Ragam Jenis Soto, Semua Tergantung dari Kuahnya
Ilustrasi Soto Lombok (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Hampir semua derah di Indonesia punya soto. Di provinsi paling ujung saja yakni Aceh, juga punya menu soto. Apalagi jika bergeser ke seluruh pulau Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi.

"Soto itu tergantung dari kuahnya. Tergantung dari bumbu yang ditabur di kuahnya atau pada rebusan daging. Bisa bumbu kuning, santan, atau bening. Masing-masing mengeluarkan umami. Atau bumbu penyedap yang khas," kata Chef Hotel Aston Marina Abubakar kepada JawaPos.com, Minggu (1/10).

Untuk bumbu kaldu pun berbeda dari jenis bahan yang digunakan. Kaldu bisa berasal dari daging, ayam, udang, atau seafood. Tentu hal itu bisa menambah rasa gurih pada kuah soto. Abubakar menyebutkan aneka soto yang paling disukai masyarakat nusantara.

5 Ragam Jenis Soto, Semua Tergantung dari Kuahnya
Ilustrasi (YouTube)

1. Soto Kuah Bening
Soto kuah bening menggunakan berbagai rempah yang khas dan tidak menggunakan santan. Soto ini juga memiliki kuah dengan kaldu yang berbeda.

"Ada soto ayam, soto Kudus, soto Banjar, soto mi , dan soto lainnya. Ciri khas soto kuah bening ini karena rata-rata soto disajikan dengan kuah kaldu," kata Abubakar.

2. Soto Kuah Santan
Soto kuah santan tentu ditambahkan santan ke dalam kuah kaldu. Sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Misalnya ada soto betawi, soto tangkar, atau soto babat.

"Soto Betawi bahkan bisa macam-macam sekarang. Sudah bersantan, sering ditambah susu lagi, bahkan pakai susu kambing biar aromanya khas," katanya.

3. Soto Kuah Kuning
Soto kuah kuning misalnya seperti soto Surabaya dan soto Lamongan. Biasanya soto kuah kuning tak menggunakan santan, hanya menggunakan kunyit lebih banyak sehingga bewarna kuning.

4. Soto Kuah Kacang
Soto kuah kacang yaitu menambah ulekan kacang tanah ke dalam kuah soto yang sudah terbuat dari kaldu. Biasanya terdapat pada soto konro dengan tambahan tauco.

5. Soto Kuah Koya
Soto kuah koya biasanya terdapat pada soto Lamongan. Kuah koya menambah kuah lebih terasa berbumbu ditambah dengan kuah kunyit.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up