alexametrics

Perempuan Tanah Jahanam Mendunia, Joko Anwar Akui Bikin Semangat

30 Juli 2020, 15:14:37 WIB

JawaPos.com – Sutradara Joko Anwar menjadi perbicangan di kalangan sineas dan pencinta film. Bukan hanya dari Indonesia, tapi juga mancanegara seiring film Perempuan Tanah Jahanam juga ditayangkan di luar negeri.

Film yang dibintangi Tara Basro, Christine Hakim, Asmara Abigail dan Ario Bayu itu tayang di sejumlah negara. Seperti di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Malaysia, dan yang lainnya. Joko Anwar pun senang film garapannya itu bertaji dan mendapat epresiasi dari banyak pihak baik dari dalam maupun luar negeri. Hal itu tentu saja mengharumkan nama bangsa.

“Senang bisa mengharumkan perfilman Indonesia di mancanegara. Apalagi di tengah-tengah musibah Covid-19 yang juga bikin industri perfilman Indonesia mandeg. Mudah-mudahan bisa bikin semangat,” kata Joko Anwar kepada JawaPos.com, Kamis (30/7).

Perempuan Tanah Jahanam diketahui mengangkat tradisi dan kebudayaan Jawa. Situs Screen Rant sempat memberikan penilaian bahwa film yang rilis 17 Oktober 2019 itu berhasil mendobrak pakem genre folk horror.

Salah satunya karena Perempuan Tanah Jahanam mendefinisikan ulang apa yang bisa menjadi horor rakyat dalam penggunaan bunyi, darah dan pencahayaan. Kengerian film folk horror Eropa atau Skandinavia terjadi pada siang hari seperti dalam Midsommar. Sementara dalam film Perempuan Tanah Jahanam, kengerian terjadi sepanjang hari tidak peduli seberapa terang dan gelapnya.

Situs itu menyejajarkan sekaligus membandingkan film Midsommar dengan Perempuan Tanah Jahanam. Film Midsommar diketahui adalah salah satu film terbaik untuk genre folk horror.

“Impetigore Joko Anwar menentang ekspektasi Eurosentris yang ditetapkan pada film-film horor rakyat seperti Midsommar dan membawa film-film non-Barat dari genre ke garis depan diskusi,” demikian situs Screen Rsnt memberikan ulasan.

Joko Anwar juga senang film Perempuan Tanah Janaham ditayangkan di luar negeri karena membuat banyak orang penasaran ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang kebudayaan Indonesia.

“Saat ini di Rotten Tomatoes, Perempuan Tanah Jahanam dapat 94 persen fresh,” tutur Joko Anwar.

Banyak orang berharap agar film Perempuan Tanah Jahanam bisa tayang di Netflix. Terkait hal ini, Joko Anwar memberikan jawaban seperti ini.

“Di Indonesia eksklusif di Goplay. Di US, Canada, dan UK di Shudder,” ungkapnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads