JawaPos Radar

Perbaiki Sistem Pendataan, Gairahkan Kembali Lagu Anak

29/04/2018, 09:50 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Zara Leola
Penyanyi cilik, Zara Leola mengisi soundtrack dan bermain film Petualangan Menangkap Petir. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Minimnya lagu anak-anak telah menjadi perhatian pemerintah sejak lama. Namun, terkait inventory lagu anak, masih menjadi salah satu kesulitan yang terus diperbaiki pemerintah, khususnya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Nggak tahu (ada berapa jumlah lagu anak), belum ada datanya. Makanya kita kerja sama dengan Irama Nusantara," kata Triawan Munaf selaku Ketua Bekraf di saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan.

Triawan mengaku belum ada data terkini. Dia pun mengatakan bahwa pengarsipan lagu-lagu masih sulit didata atau belum menjangkau data-data baru. Sedangkan, Irama Nusantara hanya mengarsipkan lagu-lagu lama.

Zara Leola - Move It (YouTube/nsgmusic)

"Belum ada datanya, itu ada lagu-lagu lama. Jadi kita dengan Irama Nusantara kerja sama untuk bantu mereka arsip lagu-lagu Indonesia yang dulu. Idealnya kalau ini sudah ke arsip semua, mulai hari ini ke depan kalau ada orang rekaman atau membuat lagu langsung masuk file, harusnya. Termasuk juga lagu anak. Jadi, nggak perlu nunggu beberapa tahun baru dicari lagi," jelasnya.

Untuk diketahui, Irama Nusantara adalah upaya pelestarian dan pengarsipan data serta informasi musik populer Indonesia. Data-data mengenai lagu lama di Indonesia terangkum di iramanusantara.org.

Selain itu, untuk membangkitkan gairah lagu anak-anak, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) secara resmi meluncurkan program Lomba Cipta Lagu Anak 2018. Bekerja sama dengan Miles Production dan IDS (International Design School), Triawan berharap usahanya berbuah positif.

"Saya sama Mira udah ngomong banyak sejak lama (soal lagu anak), walau bukan saya yang memodali. Kita aksi nyata dengan lomba lagu anak lewat film Ku lari ke pantai itu," lanjutnya.

Sementara itu, Bekraf belum memikirkan alternatif lain. Mereka akan memantau antusiasme dan membuktikan pasar lagu anak masih ada sebelum mengambil langkah baru.

"Jadi itu saja dulu, sebelum kita mulai dengan hal-hal lain, kita buktikan dulu saja gairah dan pasarnya masih ada," lanjutnya.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up