JawaPos Radar | Iklan Jitu

Erucakra Mahameru Sajikan Jazz Zapin di Moskow

28 Agustus 2017, 15:35:38 WIB | Editor: Muhammad Syadri
Erucakra Mahameru Sajikan Jazz Zapin di Moskow
Erucakra Mahameru (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Musisi jazz asal tanah air, Erucakra Mahameru kembali tampil di panggung luar negeri. Pada bulan ini dia menjadi bintang tamu acara Festival Indonesia di Rusia yang diadakan KBRI Moskow di venue Hermitage Garden.

Dalam penampilannya di kota Moskow, Erucakra Mahameru menyajikan kolaborasi jazz dan zapin. Dia bersama grup musik tradisi kontemporer asuhan Pemko Medan Sumatera Ethnic menghebohkan panggung utama dengan pilihan lagu dan hentakan ritme jazz zapin. Apalagi mereka juga tampil apik mengenakan pakaian khas Melayu Medan berwarna emas. Serta didukung oleh tarian teatrikal kontemporer khas Melayu Medan Sumatera Utara.

Sepanjang penampilan Erucakra yang menyuguhkan gerakan ritem aliran neo progressive jazz yang merupakan ciri khasnya. Sehingga membuka rasa ingin tahu masyarakat Moskow pada sore itu yang memadati area panggung utama Hermitage Garden. Sejumlah lagu yang dibawakan di antaranya, Senandung Melayu Zapin Batik Medan (overture), Zapin Belanda, Jam Session Taganing Jazz (vocal scat/gitar Erucakra), Zapin Lantam, Ceracap, Multi Etnik Medley 8 Etnis Sumut, Zapin Moskow, Zapin Kursi, dan Ronggeng Selayang Pandang.

Erucakra Mahameru Sajikan Jazz Zapin di Moskow
Erucakra Mahameru (Istimewa)

Alunan Senandung khas tradisi Melayu Sumatera Utara yang terkenal sakral dibuka oleh vokal Erucakra, diiringi Sumatera Ethnic dengan pancaran suara akordion (Mhd Fauzi) dan Synthesizer (Sanjo Tambunan), yang dilanjutkan rentak tabuh gendang Melayu (Erwansyah Arifin) dan pola drum Taganing (Anto Sitohang).

Selain warga Indonesia, penonton asal Moskow sangat antusias hingga pertunjukan usai. Mereka ikut menghampiri grup Erucakra Mahameru & Sumatera Ethnic untuk melakukan sesi foto bersama.

Menurut Erucakra, seni musik atau rentak zapin ini ternyata sangat diminati dan menjadi perhatian bagi masyarakat internasional umumnya.

"Layaknya seperti musisi legendaris John Coltrane (saxophone), John McLaughlin (gitar), Chick Corea (piano) dan Carlos Santana (gitar) yang berkolaborasi dengan musik-musik dan instrumen tradisi Timur seperti India, Spanyol, Turki dan Pakistan, saya menginginkan kolaborasi jazz dengan musik zapin Medan yang digarap dari kemurnian tradisi Melayu Sumatera yang orisinil dan khas," kata Erucakra lewat siaran pers yang diterima JawaPos.com, Senin (28/8).

Kolaborasi jazz zapin dari Erucakra Mahameru bersama Sumatera Ethnic akan terus dijalankan. Baik dalam panggung off-air dan tidak menutup kemungkinan untuk mengemas sebuah materi album.

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up