JawaPos Radar | Iklan Jitu

Begini Alasan Wajib Menonton Film Surau dan Silek

27 April 2017, 11:30:42 WIB
Begini Alasan Wajib Menonton Film Surau dan Silek
Gilang Dirga. (Dedi Yondra/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Film terbaru berjudul Surau dan Silek mulai tayang hari ini (27/4) di seluruh bioskop tanah air. Menurut Gilang Dirga, salah satu pemeran di film tersebut, masyarakat jangan sampai melewatkan tayangan itu. Kenapa demikian? Alasannya sebagai berikut:

Pertama, Surau dan Silek adalah film keluarga. Artinya film arahan sutradara Arief Malinmudo itu bisa dinikmati semua umur. Bahkan para pemain dalam film ini juga terdiri dari anak-anak.

Alasan kedua penonton wajib melihat Surau dan Silek menurut Gilang Dirga adalah film ini punya banyak pesan. Seperti pesan persahabatan, kekeluargaan, hingga bermasyarakat yang tersirat dalam cerita.

"Banyak pesan moral di film ini, mulai hubungan anak dengan orangtua, hubungan pertemanan," kata Gilang Dirga saat ditemui JawaPos.com di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Alasan yang tidak kalah penting menonton Surau dan Silek menurut pemeran Rustam itu adalah film ini mengangkat tema budaya Minangkabau. Sehingga dengan menonton film ini bisa menjadi langkah untuk melestarikan budaya.

Seperti diketahui Surau (tempat ibadah) dan Silek (silat) merupakan dua budaya yang selama bertahun-tahun menjadi pembentuk karakter bagi masyarakat Minang. Namun seiring perkembangan zaman budaya itu mulai jarang diketahui. "Film ini juga mengangkat budaya silek sebagai seni bela diri khas Minang yang harus dibarengi dengan iman," jelas Gilang Dirga.

"Apalagi dalam Surau dan Silek ditampilkan pemandangan alam Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi yang itu indah banget," lanjutnya.

Selain Gilang Dirga, film Surau dan Silek juga melibatkan pemain muda pendatang baru seperti Muhammad Razi, Bintang Khairafi, Bima Jousant, Randu Arini, dan F Barry Cheln. Ada juga pemain lain yakni Dewi Irawan, Komo Ricky, Yusril Katil, Praz Teguh, dan Dato A Tamimi. (ded/JPG)

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      :

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up