alexametrics

Prambanan Jazz Festival 2022 Dimeriahkan Musisi dari 3 Generasi

26 Februari 2022, 09:14:02 WIB

JawaPos.com – Prambanan Jazz Festival memasuki sewindu atau 8 tahun dalam penyelenggaraannya di tahun ini. Festival musik jazz tahunan berskala internasional dengan ciri khas memperlihatkan keindahan Candi Prambanan akan kembali digelar pada pertengahan tahun 2022 dengan mengusung tema ‘Sewindu Merayakan Rindu’.

Prambanan Jazz Festival tahun ini dimeriahkan oleh musisi dari tiga generasi. Mereka adalah Andien, Bemandry, Diskoria, Iskandar Widjaya feat Erik Shondy, Kahitna, Kukuh Kudamai feat Ndarboy Genk, Kunto Aji, Mus Mujiono x Deddy Dhukun x Everyday, Orkes Sinten Remen, Maliq & D’Essentials, dan Sore. Selain itu,masih ada deretan penyanyi lain yang juga bakal memeriahkan acara namun belum diumumkan oleh pihak penyelenggara.

Selain panggung utama, Prambanan Jazz Festival tahun ini juga menghadirkan mini stage yang akan menampilkan beberapa band atau musisi perwakilan dari beberapa komunitas jazz di tanah air. Panggung tersebut sengaja dihadirkan dengan tujuan sebagai perjumpaan para pegiat musik jazz. Selain itu, mini stage juga bertujuan untuk mengakomodir talenta-talenta muda musik jazz dalam pertunjukan musik.

Prambanan Jazz Festival tahun ini dirancang dengan konsep hybrid, memadukan penonton dapat menikmati pagelaran musik secara langsung di lokasi dengan menerapkan protokol kesehatan, dan secara secara live melalui saluran Indihome, UseeTV iKonser Channel 459 SD / 949 HD.

Prambanan Jazz Festival tahun ini rencananya akan dihelat pada 1, 2, dan 3 Juli 2022 di Lapangan Rama Shinta, Candi Prambanan, Jogjakarta. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di tanah air tidak menyusutkan semangat pihak penyelenggara untuk tetap mengadakannya secara rutin.

“Kemasan tema ‘Sewindu Merayakan Rindu’ ini menjadi penanda perayaan perjumpaan kami dengan PJF Lovers yang selama dua tahun lebih tidak bisa menyaksikan secara langsung Prambanan Jazz Festival,” kata Anas Syahrul Alimi, Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz Festival dalam keterangan tertulisnya Sabtu (26/2).

Sebagai sebuah pertunjukan musik yang mengusung semangat kolaboratif, Prambanan Jazz Festival tahun ini berkolaborasi dengan seniman muda untuk menggarap artwork. Setelah sebelumnya PJF bekerja sama dengan ilustrator muda asal Yogyakarta, Wulang Sunu, di tahun 2022 ini PJF bakal berkolaborasi dengan ilustrator muda asal Surabaya, Djayanti Aprilia.

Prambanan Jazz Festival tahun ini masih dengan identitas menampilkan dua karakter utama yaitu Hanoman dan Roro Jonggrang. Namun yang menarik, terdapat perbedaan signifikan pada kedua karakter tersebut yang terlihat dari sisi busana yang dikenakan.

Jika sebelumnya kerap mengenakan pakaian adat klasik, kali ini Hanoman dan Roro Jonggrang akan mengenakan paduan mode remaja era 90-an dan mode kekinian guna memberikan gambaran lintas generasi pada line up Prambanan Jazz Festival 2022. Selain itu, juga terdapat sejumlah simbol berupa tangan, piringan hitam, bunga, daun, dan bulan yang menjadi representasi dari spirit kolaborasi dan sumber inspirasi dalam bermusik tanpa batas.

Pasar Kangen yang kerap hadir dalam gelaran Prambanan Jazz Festival beberapa tahun silam juga akan kembali ikut menyemarakkan PJF di tahun ini.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: