alexametrics

Fajar Nugros dan Tim Riset 4 Tahun Bikin ‘Srimulat: Hil yang Mustahal’

25 April 2022, 17:20:21 WIB

JawaPos.com – Srimulat: Hil yang Mustahal, sebuah film karya kolaborasi antara MNC Pictures dan IDN Pictures siap ditayangkan di seluruh bioskop tanah air mulai 19 Mei 2022 mendatang. Film ini ternyata diproduksi melalui proses riset dan pengembangan cerita yang cukup panjang selama beberapa tahun.

Develop-nya sekitar 4 tahun. 3 tahun saya sama MNC meriset berbagai macam. Kita awalnya merasa tahu Srimulat, tapi ternyata kita nggak tahu banyak tentang Srimulat,” kata Fajar Nugros selaku sutradara di bilangan Thamrin Jakarta Pusat, belum lama ini.

Menggarap film ini, dia tidak mau sembarangan. Ada tanggung jawab besar diembannya karena membuat film biopik yang faktual, bukan diangkat dari proses kreatif imajinatif.

Fajar Nugros dan tim berusaha menggali berbagai macam informasi sebanyak mungkin tentang Srimulat. Dia menggalinya melalui proses wawancara dengan sejumlah pihak.

Termasuk dengan personel Srimulat dan wartawan senior yang dulunya menjadi saksi sejarah di balik perjalanan karir Srimulat hingga sukses di jagat hiburan tanah air. “Saya menggali informasi dari sejumlah wartawan yang pernah ngepos di Taman Buaya (sebuah taman di sekitar TVRI Jakarta), dan mewawancarai personel Srimulat. Saya mendapatkan informasi yang banyak sekali,” lanjutnya.

Setelah mendapatkan banyak informasi tentang grup lawak Srimulat, Fajar Nugros kemudian memilah apa saja hal menarik dan penting untuk diangkat ke dalam film layar lebar. Dengan keterbatasan durasi film, tentu saja tidak semua fakta yang didapatkan bisa diangkat ke dalam film.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: