JawaPos Radar

James Bond Ala Betawi di Film Benyamin Biang Kerok

25/02/2018, 12:25 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
James Bond Ala Betawi di Film Benyamin Biang Kerok
Pemain Film Benyamin Biang Kerok foto bersama dalam gala premiere film Benyamin Biang Kerok, Sabtu (24/2). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Benyamin Biang Kerok menjadi film semi-musikal pertama yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo. Tapi, uniknya, film ini sedikit mengingatkan akan agen rahasia Inggris, James Bond.

Pasalnya, setiap aksi heroik yang dilakukan Pengki (diperankan Reza Rahadian), akan disertai backsound serupa film James Bond dan Mission Impossible di beberapa kesempatan.

Selain itu, film yang akan tayang serempak di seluruh Indonesia pada 1 Maret, juga memadukan unsur visual dan teknologi futuristik khas film Mission Imposible dan James Bond. Latarnya pun, menggunakan latar zaman modern dengan teknologi yang super canggih.

James Bond Ala Betawi di Film Benyamin Biang Kerok
Reza Rahadian dan Delia Husein bernyanyi saat gala premiere film Benyamin Biang Kerok, Sabtu (24/2). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

"Kita semua rindu kecerdasan dari almarhum Benyamin. Ini merupakan dedikasi untuknya," ujarnya usai gala premiere film tersebut Sabtu Malam (24/2) di Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Hanung mengakui pembuatan Benyamin Biang Kerok memerlukan waktu yang cukup lama dari film-film yang biasa dia garap.

"Ini merupakan tantangan untuk saya, bagaimana bisa menyajikan sesuatu agar orang terperangah, dan tertawa juga bahagia menikmati musik dan tari," ungkapnya.

Penempatan aspek musikal yang begitu apik, ditata Hanung agar tidak memotong emosi penonton saat pindah adegan. Para penari pun dikabarkan memakan waktu syuting seharian untuk satu adegan lagu.

"Para pemain dan dancer berlatih satu lagu satu hari, karena butuh take berulang untuk dapat yang sesuai, berat bagi para penari sih, mereka bisa nari seharian" ujar Hanung.

Reza Rahadian (Pengki) dan Delia Husein (Aida) pun tak kalah dari penyanyi profesional. Chemistry keduanya pun tak perlu diragukan lagi.

Selain itu, film ini juga memasukkan unsur-unsur politik, kritik sosial dan budaya yang terjadi di masyarakat. Sayangnya, penikmat film harus sabar untuk menunggu kelanjutan kisah Pengki.

Sebab, ending cerita pun baru bisa disaksikan penonton di Benyamin Biang Kerok Beruntung, yang akan tayang di akhir Desember 2018.

"Adegan endingnya sengaja dibuat nanggung begitu dan ada cuplikan yang dipotong-potong karena memang akan ditampilkan lanjutan misinya di Benyamin Beruntung yang rilis akhir Desember nanti," imbuhya.

Diketahui, film drama semi-musikal naungan Falcon Pictures ini menceritakan kisah Pengki (Reza Rahadian) dengan seorang ibu terkaya (Meriam Berlina) dan ayah (Rano Karno) sang jawara silat Betawi yang memilih hidup sederhana.

Pengki adalah pemuda yang peduli akan lingkungannya, terlihat dari upayanya mencegah penggusuran kampung dan menolong seorang tetangganya (Omas) dengan memberikan modal untuk berdagang.

Di tengah cerita, sosok Pengky akhirnya bertemu dan jatuh hati pada seorang penyanyi ibu kota bernama Aida (Delia Husein), dan berniat mendapatkan perhatian dari pujaan hatinya tersebut.

Di sisi lain, Aida telah diancam untuk dikawin paksa oleh seorang bos mafia bernama Said Toni Rojim (Haji Qomar), sehingga Pengki pun berupaya melepaskan Aida dari masalah tersebut. Bersama kedua temannya, Somad (Adjis Doa Ibu) dan Aci (Aci Resti), Pengki menjalankan misi agar Aida bisa terlepas dari ancaman kawin paksa Said sang bos mafia.

Di sini lah aksi ala James Bond dan Mission Impossible digambarkan, tentu saja dengan mengentalkan budaya dan unsur betawi yang khas.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up