alexametrics

Rhoma Irama hingga Marcel Siahaan Tolak Uji Materi UU Hak Cipta

24 Desember 2021, 21:19:23 WIB

JawaPos.com – Sejumlah musisi seperti Rhoma Irama, Ikke Nurjanah, Sam Bimbo, Chandra Darusman hingga Marcell Siahaan menyatakan sikap penolakan mereka terhadap gugatan uji materi Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, khususnya Pasal 18 dan 30. Mereka dengan tegas menolak uji materi tersebut karena langkah yang dilakukan Musica Studio’s ini dinilai akan merugikan musisi dan pencipta lagu.

Menurut Rhoma Irama Cs, ada latar belakang kuat yang mendasari munculnya pasal-pasal yang digugat tersebut. Yaitu adanya praktik jual beli tidak seimbang pada masa lalu atas sebuah karya.

Bahkan mereka menyebut, pernah ada lagu yang tidak jelas transaksi jual belinya namun karya tersebut kini dikuasai oleh produser. “Dan sekarang mereka ingin menghapus Pasal 18 dan 30. Ini kita di sini bersatu melihat produk DPR RI tahun 2014. Prinsipnya kita di sini membela produk DPR ini,” kata Rhoma Irama di bilangan Depok Jawa Barat Jumat (24/12).

Rhoma Irama Cs serius melayangkan penolakan atas gugatan uji materi oleh Musica Studio yang kini prosesnya sedang bergulir di Mahkamah Konstitusi. Mereka bahkan menunjuk 11 pengacara untuk ikut menjadi pihak terkait dalam gugatan ini.

“Rasanya sulit dipercaya jika pemerintah tadinya berniat untuk melindungi pencipta kemudian berbalik arah melindungi pihak-pihak yang ingin merampas pemilik hak cipta. Menurut kami kecil kemungkinan upaya melegalkan penghisapan begini akan dikabulkan oleh MK,” tutur Panji Prasetyo, salah satu kuasa hukum dari pihak Rhoma Irama dkk.

Gugatan uji materi atas UU Hak Cipta ini sedang bergulir di MK. Tanggal 13 Desember lalu diadakan sidang pendahuluan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads