JawaPos Radar

Kaleidoskop 2017

Akankah Dua Film ini Sesukses Lagunya?

24/12/2017, 19:00 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Virgoun
Virgoun Teguh Putra (Imam Husein/ Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Popularitas suatu karya memang menggoda siapapun untuk meniru atau mengadaptasinya. Tak terkecuali, dalam dunia musik dan film. Kepopuleran lagu Surat Cinta Untuk Starla dan Asal Kau Bahagia membuat rumah produksi mengangkatnya ke dalam layar lebar.

Lagu Surat Cinta untuk Starla milik Virgoun memang sangat polpuler. Terbukti, menempati posisi pertama Year in Search 2017 di Google Indonesia.

Prestasi lagu ini sungguh tidak disangka karena sesungguhnya sudah dirilis sejak tahun 2016 lalu. Tetapi, baru populer pada 2017.

"Lagu ini rilis tahun kemarin cuma memang pelan untuk traffic. Kami baru merasa ramai pas akhir 2016. Setelah itu, kami buat web series pada Februari (2017)," kata Virgoun di Warehouse Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dominasi Surat Cinta untuk Starla juga terjadi di YouTube. Video lirik untuk lagu ini bahkan mencapai 185 juta kali disaksikan, hingga pertengahan desember 2017. Bahkan, akhirnya diangkat dalam bentuk mini series dan layar lebar oleh Screenplay Film dan Legacy Pictures.

"Terima kasih untuk pendengar lagu ini, semoga semua suka, terima kasih buat apresiasinya," ucap Virgoun, pekan lalu.

Namun kesuksesan lagu itu, tidak membuat Virgoun berpuas diri. Dia pun merilis album dengan judul yang sama, yakni Surat Cinta Untuk Starla.

"Gue ingin karya gue goal-nya bukan hanya view, tapi pesan di lagu yang gue bikin. Ingin selalu dikenang, makanya terus nulis lagu," jelas Virgoun saat peluncuran album di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Virgoun - Surat Cinta Untuk Starla (Official Lyric Video) (YouTube/LAST CHILD)

Penasaran dengan kesuksesan lagu tersebut, JawaPos.com berusaha mengulik rahasia dari pembuatan dan proses kreatif di dalamnya. Ternyata, Virgoun mengatakan bahwa judul Starla diambil dari nama anaknya, hasil pernikahan dengan Inara Bexxa.

Dia mengaku rahasia keberhasilan lagu tersebut adalah dengan menambahkan rasa cinta yang tulus untuk anaknya.

"Secara umum lagu ini menggambarkan true love. Kebetulan cinta sejati gue selain ke istri, ya ke anak perempuan," ceritanya.

Meski demikian, Virgoun menyebut bahwa lagu Surat Cinta untuk Starla bisa bermakna luas. Pendengar dibebaskan memaknai tembang itu sesuai cinta yang mereka rasakan.

Setali dua uang dengan keberhasilan Surat Cinta Untuk Starla, lagu Asal Kau Bahagia milik Armada juga masuk ke dalam jajaran lagu populer tahun ini. Sejak dirilis Februari lalu, video musik untuk lagu ini sudah disaksikan sampai 196 juta kali di YouTube.

"Ini di luar perkiraan banget," kata Rizal Disandi, vokalis Armada di Pendopo Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Band yang diisi Meri Andit Yandi (drumer), Rizal Disandi (vokalis), Mai Joesman (gitaris), dan Adha Gusriadi (gitaris) itu tidak menyangka bisa mendapat respons sebagus itu. Rizal mengatakan bahwa, pihak Armada awalnya hanya menargetkan dua juta viewer dalam sebulan. Tanpa diduga, pendengar Asal Kau Bahagia meroket meskipun sempat didera isu plagiat karena kemiripan lagu Liu Xing Yu milik F4.

"Ada yang memang suka, tapi ada juga yang penasaran karena lagunya disebut mirip lagu F4. Terus mendengarkan, dan yang dengar lebih suka lagu ini (Asal Kau Bahagia)," jelasnya.

Namun, Rizal memastikan bahwa kemiripan itu bukanlah disengaja. Sebab, dijabarkannya, Armada baru menyadari kemiripan itu setelah video liriknya diunggah pada 3 Februari.

"Waktu itu kami masih sibuk mantengin HP karena lagunya baru rilis. Kami mau lihat responsnya gimana. Di situlah baru kami tahu ada part yang memang mirip. Tahunya ya dari komentar di YouTube,’’ ceritanya.

Bahkan, Rizal menegaskan bahwa hanya sekitar dua bar nada yang mirip tetapi letaknya berjauhan. Oleh karena itu, tidak bisa disebut plagiat.

"Label, tim manajemen, dan kami sendiri merasa memang ini bukan kesengajaan. Cuma ada tujuh tangga nada. Regulasinya, kalau sampai delapan bar mirip, itu plagiat. Kami hitung, itu cuma dua bar dan berjauhan," imbuh Rizal.

Sebagaimana Surat Cinta Untuk Starla, popularitas lagu Asal Kau Bahagia ternyata menarik Rumah produksi Falcon Pictures untuk mengadopsinya menjadi sebuah film layar lebar.

Dalam penggarapan, Falcon Pictures menggandeng rumah produksi Dapur Film milik sutradara kenamaan tanah air, Hanung Bramantyo.

"Saya bingung mau cewek atau cowok yang diduain. Kalau ego-egoan, saya juga dulu pernah diduain waktu ABG,” jelas Hanung.

Di sisi lain, anggota Armada kaget saat Falcon Pictures menawarkan mengangkat lagu Asal Kau Bahagia menjadi film. Apalagi yang menggarap adalah rumah produksi Hanung. Tidak pikir panjang, mereka langsung mengiyakan.

"Jujur saja, banyak yang menawari lagu ini untuk difilmkan. Tapi, kita percayakan film ini ke tangan yang tepat,” ucap Rizal saat itu.

Akankah film tersebut se-populer lagunya? Kita tunggu saja hasilnya. Film Surat Cinta Untuk Starla mulai bisa disaksikan pada 28 Desember mendatang. Sedangkan, Asalkan Kau Bahagia masih dalam proses produksi.

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up