Bukan Prokem, Ternyata Ini Asal Bahasa Alien di 'Gila Lu Ndro'

24/08/2018, 10:30 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Sutradara dan pemain film 'Gila Lu Ndro', saat ditemui Kamis (23/8). (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Dalam trailer film Gila Lu Ndro, sang alien yang diperankan Indro Warkop sering mengucapkan kata 'Ghaghai'. Setelah dikonfirmasi ternyata kata tersebut tak memiliki arti apa pun, hanya digunakan sebagai ciri khas sang alien.

"Nggak ada, itu kebeneran aja ponakannya dia (Herwin Novianto) suka ngomong gitu. Terus kita kepikiran lucu juga ya, pake ini," ungkap Indro di kantor Falcon Pictures di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Kamis (23/8).

Lantaran Herwin mendapatkannya dari sang ponakan yang sering mengucapkan kata itu saat berada di lokasi syuting. Dia pun teringat sebuah acara situasi komedi Amerika, Mork & Mindy. Dalam acara tersebut Robin Williams sering mengucapkan kata ‘nanu-nanu’.

Official Music Video Ost. Gila Lu Ndro | Indro Warkop & Tora Sudiro (YouTube/Falcon)

Selain 'Ghaghai', terdapat bahasa lain yang diucapkan sang alien. Diakui Indro, alien memang memiliki kemampuan berbahasa apapun. Namun, bukan bahasa prokem yang diucapnya.

"Sebenernya bukan bahasa prokem, itu bahasa yang kita create sendiri, bahasa planet alienus. Itu satu-satunya planet berbulu lho, tapi kan alien sendiri bisa bahasa apapun. Beruntung dia ke Indonesia jadi dia bisa bahasa Indonesia, kalau ke Rusia dia bisa bahasa Rusia, suara hati juga bisa," kelakar Indro Warkop.

Selain mahir berbahasa, rupanya alien memiliki kemampuan meniru dengan cepat yang diajarkan padanya. Termasuk, perihal bahasa. Si alien mampu dengan cepat menguasai bahasa yang diajarkan.

"Misalnya bahasa sundanya diem aja, 'cicing sia anying'. Pokoknya nanti ada, dia bisa bahasa apapun nanti di tes (di film)," pungkas Indro.

Sementara itu, untuk memerankan karakter alien, Indro Warkop harus dirias secara khusus. Beberapa bagian tubuhnya, termasuk kepala, dilapisi silikon dan latex yang cukup tebal. Kondisi tersebut tentu cukup menyiksa bagi Indro, terutama saat harus menjalani pengambilan gambar di luar ruangan yang mengkhawatirkan make-up akan luntur.

Aksi alien kocak ini mulai bisa disaksikan di bioskop tanah air, pada 13 September 2018.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi