alexametrics

Wawancara dengan Jeremy Renner, Pemeran Hawkeye di Avengers: Endgame

Ini Yang Terakhir? No!
24 April 2019, 11:45:55 WIB

JEREMY Renner, 48, kembali bergabung dengan Robert Downey Jr dkk di film keempat Avengers, Endgame. Menjadi akhir dari 10 tahun proyek Marvel Cinematic Universe (MCU), apakah Endgame juga jadi momen terakhir Renner bersama Hawkeye? Berikut wawancara wartawan Jawa Pos Janesti Priyandini bersama aktor kelahiran Modesto, California, itu dalam sesi roundtable interview di Four Seasons Hotel, Seoul, Korea Selatan, pada Minggu (14/4).

Akhirnya, kamu muncul di Endgame. Ketika absen di Infinity War (2018), Hawkeye jadi pembahasan fans. Kamu tahu enggak sih? Apa reaksimu waktu itu?

Sebetulnya, saya tahu (soal reaksi dan teori fans yang bermacam-macam). Sejujurnya, itu cukup mengusik juga. Tapi kemudian, saya menyadari dan bersyukur karena enggak ada di film itu. Soalnya, orang-orang jadi debu dan itu buruk! Untungnya, saya lagi liburan waktu itu, lagi main pingpong. Hahaha.

Bergabung lagi dengan Avengers setelah mereka mengalami kekalahan besar, apa itu sulit?

Saya tidak ada dalam pertarungan itu. Jadi, saya tidak tahu kondisi saat itu. Tapi, saya percaya dengan pilihan mereka. Lalu, sekarang (setelah bergabung dengan Avengers yang tersisa) saya merasa seperti sebuah mesin yang menggerakkan sebuah mobil. Tiap bagiannya harus diatur dengan sangat baik. Kalau tidak, mesin itu tidak akan berfungsi. Saya juga melakukan yang terbaik. Saya sangat percaya pada Russo bersaudara. Mereka berdua adalah storyteller yang luar biasa. Mereka bisa menggabungkan 21 film dan mengumpulkan intisarinya dalam satu film. Ya, kan?!

Hawkeye/Clint Barton berbeda, dia menghabiskan waktu dengan keluarga, di mana hal itu enggak ditemukan di superhero lainnya.

Ya, itulah superhero. Ketika keluarga Clint Barton mulai diperkenalkan di Age of Ultron (2015), saat itulah saya merasa sangat excited dengan karakter ini. Dia mirip denganku sebagai pria. Peran nomor satuku adalah menjadi ayah dan peranku di film itu juga sama, jadi ayah. Saya rasa itu hal mendasar untuk pahlawan super. Mereka bisa saja terbang dengan palu atau petir, tapi apakah itu semua berguna? Apakah sebetulnya yang kita perjuangkan? Dalam kehidupan nyata, kalian mungkin memikirkannya. Rasa kemanusiaanlah yang membuat superhero itu berarti. Jadi buat saya, itu sangatlah keren.

Kalau kamu beneran bisa memiliki kekuatan super di dunia nyata, apa kamu akan memilih menjadi seperti Hawkeye/Clint Barton saja atau memilih yang lain?

Saya sangat terikat dengan karakter ini. Saya sangat cinta pada konsep superhero tanpa kekuatan super. Buatku, ini sangat keren. Kenapa? Karena ini relate banget sama semua orang. Clint hanya punya busur dan panah. Dia, buat saya, adalah sosok yang bisa diwujudkan. Jadilah ahli dalam sebuah hal. Kalau kamu mengincar targetnya, kamu enggak akan pernah meleset. Clint mungkin jadi orang yang paling lemah di timnya. Tapi, kenapa dia jadi superhero? Apa karena semangat dan hati besarnya? Apakah itu termasuk kekuatan? Ya. Mulailah ajari anak kalian dengan hal tersebut. Itulah kekuatan super sesungguhnya. Ini bisa jadi pesan yang menakjubkan untuk anak-anak di luar sana.

Apa yang menjadi ketakutan terbesarmu sebelum dan sesudah masuk menjadi keluarga MCU?

Well, ketakutan pertama waktu masuk MCU adalah saya enggak tahu kalau bakal jadi pria 50 tahun dengan pakaian ketat! (Renner lalu terbahak). Waktu fitting kostum Hawkeye, mereka bilang yes, tapi kemudian mereka mulai menjelaskan soal rencana 10 tahun ke depan. Hold on a second! Maksud kalian, saya bakal pakai kostum ketat ini sampai tua?! Saya enggak yakin bakal kayak apa penampilanku yang sudah berusia setengah abad dengan kostum itu. Jadi sepertinya, saya harus terus berusaha supaya tetap terlihat bagus dengan kostum itu dan rajin workout.

Oh iya, di trailer dan footage Endgame, ada scene kamu melatih perempuan remaja, apakah itu Kate Bishop (perempuan pertama yang juga punya nama Hawkeye, Red)?

Saya belum pernah nonton footage apa pun dari film ini. Jadi, saya enggak yakin yang mana yang kalian maksud.

(Renner sangat jeli mengenali pertanyaan yang sekiranya memancing jawaban tentang plot cerita. Dia lalu tersenyum menyeringai).

By the way, selamat ya soal series-mu! (Media Amerika ramai memberitakan rencana Marvel Studios yang akan memproduksi serial karakter MCU, salah satunya Hawkeye).

Ow, saya enggak tahu soal itu. Saya tahu kalau ada rumor yang bilang soal (pembuatan) series. Tapi, belum ada sesuatu yang pasti. Itu baru rumor saja.

Apa momen favoritmu selama memainkan karakter Hawkeye?

Setiap momen. Saya sangat bersyukur bisa bermain make-believe sampai sekarang. Ini tugas saya. Apalagi ketika memakai kostum dan yang lainnya. Tapi, saya rasa yang paling berarti adalah pertemanan. Tidak hanya dengan para pemain (Avengers), tapi juga semua yang ada di set. Pertemanan itu sudah jadi bagian hidup saya. Itu momen terbesar dan masih berlanjut sampai sekarang meski filmnya selesai. Kami sudah seperti keluarga. Mereka orang-orang yang mengagumkan dan saya sangat senang jadi bagian dari itu. Itu rasanya yang bakal terasa hilang.

Endgame bakal jadi momen terakhirmu?

Saya enggak tahu. Tidak pernah ada kata terakhir dalam hal apa pun di Marvel. Marvel itu sangat besar, giant universe of storytelling. Seperti yang kamu tahu, sudah ada 21 film dan yang ini (Endgame, Red) adalah film ke-22. Jadi, saya enggak percaya kalau ini jadi sesuatu yang benar-benar selesai. Saya akan menjawab, tidak.

Rambut baru Hawkeye di Endgame jadi perhatian besar fans.

Jadi perhatian karena itu sesuatu yang bagus atau jelek? Well, I did it myself. Haha, bercanda. Sebenarnya, ada alasan dibalik itu. Kamu tahu di MCU, banyak hal bisa berubah ya kan. Kostum berubah. Rambut Thor juga ganti-ganti. Sebelumnya panjang, sekarang pendek. Saya lihat di trailer,senjatanya Thor juga berubah (Stormbreaker, red). Itu bukan palu. Benda apa itu coba? Jadi, memang selalu ada yang berubah di MCU. Entah itu rambut ataupun kostum.

Rambut baru Hawkeye menunjukkan bahwa itu Ronin, ya?

Aku enggak yakin. Hahaha…

Oke. Jika kamu (ternyata) Ronin di Endgame, apa yang sudah berubah pada diri Hawkeye?

Hahaha… Let ‘s just say I was Kevin in the film. Okay?! (*)

Jeremy Renner saat menghadiri fan meeting di Seoul, Korea, Minggu (14/4). Chung Sung-Jun/Getty Images for Marvel Studios

SIAPA HAWKEYE?

Jentikan tangan Thanos melenyapkan separo Avengers. Salah seorang yang tersisa adalah Clint Barton alias Hawkeye. Yuk kenalan lebih dekat dengan kar akter yang diperankan Jeremy Renner itu.

DIASUH TIM SIRKUS KELILING

Clinton ”Clint” Barton merupakan anak dari keluarga broken home. Setelah orang tuanya meninggal, dia dan kakaknya, Barney, berpindah-pindah rumah asuh sebelum bergabung dengan sirkus keliling.

SUPER KARENA LATIHAN

Selama jadi anggota sirkus, Barton dilatih oleh ahli pisau dan pedang Swordsman serta pemanah Trickshot. Barton pun tampil sebagai Hawkeye yang dikenal sebagai ahli panah terjitu.

TERINSPIRASI IRON MAN

Melihat Iron Man memberantas kejahatan dengan kostum, Barton pun terinspirasi.

Dia mengenakan pakaian warna-warni dan beraksi dengan panahnya. Barton lalu bergabung dengan Avengers.

PENDUKUNG SETIA CAPTAIN AMERICA

Di versi komik, Hawkeye dikenal punya kepribadian santai, namun keras kepala. Dia kerap berdebat dengan Captain America. Meski demikian, Barton amat respek pada sang kapten dan menganggapnya sebagai mentor. Di Captain America: Civil War, Hawkeye memilih kubu Captain America.

BAKAL BERIDENTITAS RONIN

Di Avengers: Endgame, Hawkeye tampil beda. Rambutnya berjambul, tubuhnya bertato. Kostumnya pun ganti. Diduga, dia ”lahir kembali” sebagai Ronin yang berarti lone warrior alias petarung tunggal dalam bahasa Jepang.

Dalam komik, perubahan identitas itu dipicu insiden House of M. Wanda Maximoff alias Scarlet Witch melenyapkan seluruh populasi, mirip dengan jentikan Thanos. Para karakter yang lenyap kemudian terlahir kembali, termasuk Hawkeye.

Selain Ronin, Hawkeye juga sempat beralih menjadi Goliath. Dikisahkan, panah Hawkeye hancur dalam peperangan. Karena tak punya kekuatan super, dia memakai kostum berteknologi Pym Particle yang membuatnya bisa setinggi gedung bertingkat. Selain itu, dia pernah menjadi super villain dengan alias Golden Archer. Hawkeye menyamar karena Captain America nyaris pensiun.

PENAMPILAN DALAM FILM

Thor (2011), tampil sebagai figuran namun tak tercatat di credits

The Avengers (2012)

Avengers: Age of Ultron (2015)

Captain America: Civil War (2016)

Avengers: Endgame (2019)

Editor : Dhimas Ginanjar