JawaPos Radar

Ada Intervensi Presiden Soeharto di Film G30S PKI? Nih Jawabannya

23/09/2017, 15:35 WIB | Editor: Ilham Safutra
Film G30S PKI
Diorama pemberontakan G30S PKI (Ismail Pohan/Indopos/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Banyak pihak yang menduga proses penggarapan film G30S PKI mendapat intervensi yang tinggi ‎dari pemerintahan Orde Baru. Sehingga film itu menjadi propaganda pemerintahan ketika itu untuk masyarakatnya.

Akan tetapi tudingan itu dibantah dengan tegas oleh Jajang C Noer, istri Arifin C Noer. Seperti diketahui film G30S PKI disutradarai oleh Arifin C Noer. Bahkan Jajang C Noer pun ikut menjadi bagian tim produski film tersebut.

Menurut Jajang, suaminya diberikan keleluasaan mencari bukti-bukti sejarah, bahkan Presiden Soeharto kala itu tidak mengubah skenario yang telah dibuat oleh sang suami. "Jadi skenario sudah dibikin dan dibaca Pak Harto langsung film dibuat, jadi tidak ada dipengaruhi Pak Harto," ujar Jajang dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (23/9).

Film G30S PKI (Youtube)

Pada saat pembuatan film tersebut semuanya diserahkan kepada Arifin C Noer. Presiden Soeharto hanya menerima jadi dan selesai filmnya tersebut. 

Jajang menegaskan, adanya tudingan bahwa skenario film G30S PKI berdasarkan keinginan oleh Presiden Soeharto adalah sebuah kebohongan besar. "Ketika shooting juga enggak ada intervensi dan campur tangan dari Pak Harto," katanya.

Lebih lanjut aktris senior itu mengatakan, pembuatan film tersebut memakan waktu dua tahun. Itu bukan proses yang mudah terutama dalam mencari aktor dan aktrisnya. Pasalnya wajah para pemeran harus mirip dengan tokoh-tokohnya. "Mencari yang mirip, jadi ditongkrongin tuh gereja-gereja, masjid-masjid untuk mencari orang yang mirip," pungkasnya.

Bagi yang belum pernah menonton film G30S PKI dapat menonton tayanga berikut.

video

(cr2/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up