alexametrics

Vokalis Elkasih Ternyata Menderita Aphasia Setelah Kena Stroke 3 Kali

22 Juli 2020, 17:31:34 WIB

JawaPos.com – Sakit memang bisa membuat hidup seseorang berubah. Seperti yang dialami El Ibnu, vokalis Elkasih, setelah terkena stroke sejak 2015 silam. Dia kini menghuni rumah panti jompo Pniel yang terletak di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan.

Mama Agustina Pattipeilohy, pengasuh panti Jompol Pniel, mengungkapkan kronologi sakit stroke yang diderita El Ibnu. Dia menyebut pemilik nama lengkap Noventino Budi Lesmana itu mengalami stroke pertama saat manggung di Maroko pada 2015 dan sempat mendapat penanganan medis di rumah sakit di sana selama sekitar 2 minggu.

“Mulanya dia kena stroke pada tahun 2015 waktu itu sedang tampil di Maroko. Pada saat manggung tiba-tiba Nino kena stroke dan mulutnya sudah mulai monyong ya,” kata Mama Agustina saat ditemui di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (22/7).

Usai dirawat di sebuah rumah sakit di Maroko selama 2 minggu, El Ibnu kemudian dibawa pulang ke Indonesia dan melakukan pengobatan dengan cara mengonsumsi minuman herbal. Kala itu dia masih bisa beraktivitas dan masih bisa bekerja.

“Dia kembali kena stoke kedua pada bulan Juli 2015 dan dibawa ke rumah sakit di Bandung,” katanya lebih lanjut.

Stroke kedua yang dialaminya mengakibatkan anggota tubuh bagian kirinya mati rasa. El Ibnu dirawat di sebuah rumah sakit di Bandung selama sekitar 14 hari.

“Pada tahun 2016 tepat tanggal 1 Januari, dia kena stroke yang ketiga. Bukan hanya kena stroke tapi juga aphasia,” tutur Mama Agustina.

Penyakit Aphasia ini menyebabkan El Ibnu tidak lagi bisa berbicara. Dia pun mengandalkan komunikasi dengan orang lain dengan cara mengetik melalui smartphone. Jika tubuh bagian kirinya sudah mati rasa, anggota tubuh bagian kanan masih bisa bergerak. Termasuk tangannya bagian kanan.

Mama Agustina mengatakan kondisi El Ibnu kini sudah lebih baik dibanding sebelumnya. “Seperti yang anda lihat, sehat kan. Pasti dia lebih sehat,” ucapnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads