alexametrics

Anggap Kemenangan Nana di Berlinale Milestone untuk Film Indonesia

22 Februari 2022, 17:58:38 WIB

JawaPos.com – Film Before, Now & Then (Nana) berhasil meraih penghargaan pemeran pendukung terbaik di Berlin International Film Festival (Berlinale) 2022. Award itu diraih aktris Laura Basuki yang berperan sebagai Ino.

Berikut ini adalah wawancara wartawan JawaPos.com di Berlin dengan Kamila Andini, sutradara film tersebut.

Sebelumnya banyak yang memprediksi bahwa Nana akan membawa pulang penghargaan dari Berlinale 2022. Namun, Anda sendiri, apakah sebelumnya ada keyakinan bahwa Nana meraih penghargaan di Berlinale?

Untuk saya sendiri sebagai sutradara, berada di kompetisi utama salah satu dari lima festival besar seperti Berlinale merupakan pencapaian yang luar biasa. Bisa berkompetisi bersama sutradara-sutradara yang karya-nya saya tonton sejak saya SMA merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Ini juga bukan pertama kali saya berkompetisi. Di titik ini saya sudah terbiasa untuk menang, lebih dari itu saya juga terbiasa untuk kalah. Penghargaan untuk saya adalah bonus. Sebuah catatan sejauh mana saya bisa berkoneksi melalui karya saya dalam kompetisi tersebut.

Tapi tentu saja mendapatkan penghargaan di Berlinale bisa dibilang milestone tersendiri untuk saya sebagai filmmaker tapi lebih dari itu juga milestone untuk perfilman Indonesi

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Dinarsa Kurniawan

Saksikan video menarik berikut ini: