alexametrics

Ingin ke JKT48 Lagi, Sayaya Pastikan Tetap Belajar Bahasa Indonesia

21 Oktober 2018, 12:53:52 WIB

JawaPos.com – Kawamoto Saya (Sayaya) AKB48 baru saja menyelesaikan program pertukaran pelajar dengan Stephanie Pricilla Indarto Putri dari JKT48. Pertunjukan terakhirnya di Teater JKT48 dilakukan pada Jumat (19/10). Sayaya memastikan ingin kembali lagi ke JKT48 karena besarnya dukungan penggemar kepadanya.

Usai pertunjukan terkahirnya, Sayaya memang mengatakan ingin kembali lagi ke JKT48. Sebab, banyak serunya. Sehingga kekhawatiran yang awalnya muncul saat kali pertama ke Indonesia, langsung pupus. ’’Ingin ke sini lagi. Kalau bisa, saat ke sini lagi, bisa perform dengan tim lainnya juga,’’ ujar Sayaya.

Seperti diketahui, sejak awal penampilan di teater pada 17 September 2018, Sayaya sudah bersama Tim T. Dia juga mengikuti berbagai aktivitas bersama tim yang dipimpin oleh Ayana Shahab itu. Mulai dari JKT48 Sports Competition sampai ikut JKT48 Circus Part II ke Balikpapan.

Ingin ke JKT48 Lagi, Sayaya Pastikan Tetap Belajar Bahasa Indonesia
Kapten JKT48 Shania Junianatha (kiri) usai memberikan buket bunga kepada Sayaya dan Stefi dari Tim J yang merupakan siswi pertukaran member AKB48 dan JKT48 (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Selama di Indonesia, Sayaya mengakui kalau menyanyi dalam Bahasa Indonesia punya kesulitan tersendiri. Berbeda dengan komunikasi antar member yang bisa diatasi lewat Google Translate. Pelafalan dan intonasi yang berbeda membuat Sayaya kesulitan menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Indonesia. Apalagi, kalau ada pengucapan dengan huruf R.

’’Pulang ke Jepang, tetap ingin belajar Bahasa Indonesia. Jadi kalau ke sini bisa lancar komunikasi dan menyanyinya,’’ imbuh Sayaya.

Jika nanti di AKB48 ada member transfer lagi seperti era Haruka Nakagawa dan Aki Takajo, apakah itu sinyal Sayaya akan mengajukan diri ke JKT48? Sayaya tidak bisa menjawab itu karena belum tahu ada member transfer lagi atau tidak. Yang jelas, pengalaman sebulan di sini sangat menyenangkan.

Itulah kenapa, saat kembali ke AKB48, dia akan menceritakan kepada para member di Jepang untuk tidak khawatir kalau ke JKT48. ’’Bahwa JKT48 itu membernya ceria. Baik-baik. Kalau ada kesusahan langsung dibantu. Aku juga belajar keceriaan itu dan akan aku bagikan ke member AKB48,’’ kata Sayaya.

Nah, soal keceriaan ada cerita unik dari Sayaya. Katanya, setelah sebulan Bersama member Tim T yang ceria, dia jadi ketularan menjadi sosok yang ceria juga. Perubahan itu dirasakan betul oleh Sayaya.

’’Awalnya saat ke sini ada banyak kekhawatiran. Setelah melalui banyak hal bareng member, jadi lebih percaya diri. Kini aku jadi orang yang lebih ceria. Itu yang paling berubah,’’ terangnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (dim/JPC)



Close Ads
Ingin ke JKT48 Lagi, Sayaya Pastikan Tetap Belajar Bahasa Indonesia