alexametrics
Hari Kartini

Happy Salma: Semua Perempuan yang Berjuang adalah Kartini Pada Masanya

21 April 2018, 11:20:28 WIB

JawaPos.com – Tanggal 21 April yang jatuh pada hari ini diperingati Indonesia sebagai hari Kartini. Simbol keberanian perempuan mewujud dirinya. Setidaknya, begitulah pendapat Happy Salma.

“Kartini kan simbol di zamannya. Ketika seorang perempuan mampu mengutarakan pemikiran dan keinginannya dan mampu memperjuangkan apa pun keinginannya. Artinya, dia sudah berhasil mengambil energi dari Kartini,” ungkap Happy Salma beberapa waktu lalu.

Sosok Kartini sendiri adalah perempuan yang menginspirasi bagi perempuan lain karena keberaniannya. Semangat seperti itu, menurutnya, yang menembus zaman hingga kini.

Teater mengenang Pramoedya Ananta Toer
Aktor Reza Rahardian yang berperan sebagai Minke (kiri) dengan Happy Salma yang berperan sebagai Nyai Ontosoroh (kedua kiri) di GKJ, Jakarta. (ANDREAN KRISTIANTO/JAWA POS)

“Kartini kan punya pemikiran yang melesat menembus zamannya. Kalau kita bisa seperti itu artinya kita punya semangat Kartini,” katanya melanjutkan.

Bagi Happy Salma, Kartini adalah perempuan-perempuan yang tahu apa yang dia citakan dan berusaha meraihnya. Oleh karena itu, sang ibu adalah kartini baginya.

“Ibu saya itu kartini banget. Dia tahu apa yang dia mau, dia juga bekerja tapi berdikari dengan keteguhannya sendiri,” tegasnya bangga.

Selain sang ibu, beberapa perempuan yang dikenalnya juga mencerminkan sosok Kartini masa kini. Diantaranya, Najwa Shihab, Ratna Riantiarno, dan Titi Toer.

Merayakan hari Kartini, Happy pun membuat pameran karya dan arsip Pramoedya Ananta Toer.

“Ini salah satunya juga dengan pameran ini (merayakan Kartini), tanggal 21 ini juga ada pertunjukkan di Galeri Indonesia Kaya, saya produseri 3 pemain di situ yang menceritakan perjuangan hidup mereka masing-masing,” katanya.

Menurut Happy, perempuan memiliki hormon unik ditubuhnya dan perjuangan perempuan pun terwujud dalam bentuk yang berbeda-beda.

“Perjuangan perempuan beda-beda ya, ada yang bergelut dengan diri sendiri. Ada juga perempuan yang bergelut dengan pekerjaannya, ada juga yang dengan berbagai tekanan di sekitarnya,” tukasnya.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : (yln/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Happy Salma: Semua Perempuan yang Berjuang adalah Kartini Pada Masanya