alexametrics

Vanya dan Mavin Z-Stars Ungkap Tekanan Training Boyband-Girlband Korea

20 Maret 2019, 18:12:38 WIB

JawaPos.com – Dua personel Z-Girls dan Z-Boys asal Indonesia, Vanya dan Mavin berbagi pengalaman training-nya sebagai girl dan boy band di Korea. Projek Z-Girls dan Z-Boys itu sendiri dibentuk Zenith Media dengan tujuan menyatukan bakat-bakat idola di negara-negara Asia untuk bersaing dengan bintang-bintang K-pop lainnya.

Mavin, member grup cover dance asal Indonesia, B-Force yang kini menjadi member Z-Boys, mengakui pembentukan bakat di Korea sangat berat. Hal tersebut, katanya, berbeda dengan latihan-latihan yang ia jalani di Indonesia. Tingkat detail suatu gerakan pun harus diulang-ulang untuk mendekati sempurna.

Training, kita tahu kan sistem K-Pop itu berat. Itu melatih kita jadi best of the best. Kita harus benar-benar detail. Di Indonesia misalnya sudah detail, di Korea harus lebih dari detail, kita harus over limited di sana,” papar Mavin saat jumpa pers di MNC Tower, Jakarta Barat, Rabu (20/3).

Vanya dan Mavin Z-Stars Ungkap Tekanan Training Boyband-Girlband Korea
Z-Stars saat hadir di konferensi pers MNC, Rabu (20/3) (Yuliani/JawaPos.com)

Ia mengatakan, dirinya dan rekan-rekan lain tidak pernah bisa berhenti untuk membuat limit  yang baru sehingga level lain terus terbentuk tanpa ada akhirnya.

“Mungkin kalau latihan itu lantainya penuh keringat kita, jadi teman kita adalah pel,” lanjutnya seraya tertawa.

Senada dengan Mavin, kekasihnya yang juga tergabung dalam Z-Girls, Vanya membenarkan hal tersebut. Member yang sebelumnya ada di grup dance, Soulsisters itu bahkan sempat shock dan harus beradaptasi dengan sistem yang ketat.

“Awalnya saya tidak menyangka sama training system-nya, mereka ingin kami lebih. Buatku itu shock, karena sangat sulit. Di Indonesia Vanya nggak pernah dapat yang begitu,” tandasnya.

Tujuh orang dari masing-masing grup telah diperkenalkan, yakni Bell (Thailand), Carlyn (Filipina), Joanne (Taiwan), Priyanka (India), Queen (Vietnam), Vanya (Indonesia), serta Mahiro (Jepang) untuk Z-Girls.

Sementara itu untuk Z-Boys sebelumnya telah diperkenalkan Roy (Vietnam), Mavin (Indonesia), Josh (Filipina), Blink (Thailand), Perry (Taiwan), dan Sid (India), dan Gai (Jepang).

Z-Boys dan Z-Girls kemudian menyambut fans dengan penampilan debut mereka pada 23 Februari lewat Z-Pop Dream Live, yakni festival antara K-Pop dan Z Star Idols tampil bersama. K-pop idol seperti Rain, Monsta X, A Pink, ChungHa, Wanna.B, LipBubble ,dan Tweety juga tampil di festival yang dihelat di Jamsil Indoor Gymnasium Seoul Korea tersebut.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : Yuliani

Vanya dan Mavin Z-Stars Ungkap Tekanan Training Boyband-Girlband Korea