alexametrics

Lantik Tantowi Yahya sebagai Presiden Country Music Club of Indonesia

20 Februari 2020, 13:48:31 WIB

JawaPos.com – Tiga komunitas Country Music Club of Indonesia (CMCI), pusat (Jakarta), Malang, dan Surabaya, berkumpul di ballroom Grand City, Selasa malam (18/2). Karena hari ulang tahun tiap-tiap cabang berdekatan, malam itu pun mereka merayakannya bersama. Meski setiap chapter memiliki umur yang berbeda, mereka tetap kompak dan menikmati malam perayaan tersebut.

Malam itu cabang pusat tengah merayakan ulang tahun ke-17 tahun, cabang Malang ke-16 tahun, dan cabang Surabaya merupakan yang paling muda, yakni 14 tahun. Perayaan ulang tahun yang dikemas dalam Country & Oldies Music Concert itu juga menjadi ajang pelantikan presiden baru CMCI, Tantowi Yahya.

’’Mohon maaf, malam ini saya bukan sebagai politisi atau MC. Tapi, malam ini saya bernyanyi country,’’ ujar Tantowi sesaat setelah menyanyikan lagu Galveston.

Dia mengakui, menjadi presiden baru CMCI untuk periode 2020–2025 sangat membahagiakannya. Sebab, pria 59 tahun itu semakin dekat dengan teman-teman yang juga menyukai musik country.

’’Bahagia sekali saya dipercaya teman-teman buat jadi presiden CMCI ini. Jadi, sebelum jadi presiden beneran, saya sudah merasakan jadi presiden CMCI,’’ guraunya, kemudian mengambil gitarnya.

Dalam lagu kedua, Send Me a Letter Amanda, Tantowi mencoba memainkan gitarnya yang penuh tanda tangan. ’’Ini main gitar buat gaya-gayaan aja sebenarnya. Buat nutupin perut biar nggak kelihatan gendut,’’ ujarnya dengan gurauan.

Bagi pria kelahiran Palembang, 29 Oktober 1960, tersebut, lagu country sangat dekat dengan alam, keluarga, cinta, desa, bir, wine, sampai vodka. ’’Tapi, nggak cuma itu. Lagu-lagu ini juga dekat sekali dengan alat-alat transportasi. Kereta api, misalnya,’’ ungkapnya, lantas menyanyikan Rode the Rain.

Sejak masuk ke musik country pada 2000, Tantowi bercerita, awalnya susah sekali mencari musisi-musisi di genre tersebut. ’’Namun, 18–20 tahun kemudian, saya ketemu banyak sekali musisi Indonesia yang keren-keren,’’ katanya.

Selain itu, musik country identik diiringi tarian. Para anggota yang sudah ber-dress code ala country pun berdansa diiringi lagu-lagu yang dinyanyikan Tantowi selanjutnya. Baju kotak-kotak, celana jins, topi koboi, dan sepatu bot menjadi ciri khas gaya itu.

Vice President CMCI Sutjipto Goenawan menambahkan, lagu country memang identik dengan orang-orang tua. Namun, hal itu dianggap mereka menyenangkan dan menyehatkan. ’’Soalnya, kalau musiknya diputar, biasanya kami line dance. Ini bantu kami buat tetap bergerak dan sehat,’’ terangnya

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ama/c5/tia



Close Ads