alexametrics

Dion Wiyoko Berbagi Cerita Pengalaman Pertama jadi Dubber

19 November 2020, 15:18:04 WIB

JawaPos.com – Nama Dion Wiyoko di dunia keaktoran sudah tak asing lagi. Ada puluhan film, sinetron, dan project web series dibintanginya sejak 2008 hingga sekarang. Berbeda dari dunia akting, menjadi penyulih suara atau dubber termasuk pengalaman baru baginya.

Dion Wiyoko untuk pertama kalinya menjadi dubber atau penyulih suara pada tahun ini. Dia dipercaya menjadi dubber untuk karakter Honghui dalam film live action Mulan yang akan tayang di Indonesia mulai awal Desember mendatang.

Men-dubbing karakter ini diakui cukup menyulitkan bagi pemain film Imperfect itu. Khususnya saat berusaha menyamakan dialog bahasa Indonesia dengan karakter yang menggunakan bahasa Inggris.

Dia berusaha menyiasati agar kata-kata yang diucapkannya pas dengan mulut karakter yang ia dubbing. Meskipun dalam bahasa Indonesia lebih panjang tapi pengucapannya harus tetap sesuai dengan mulut si karakter.

Meski tidak berakting saat men-dubbing tapi Dion Wiyoko harus mampu meresapi setiap dialog dengan baik. Supaya emosi suara yang disampaikannya lewat proses dubbing selaras dengan karakter dan alur cerita dalam film.

Dion merasa berakting dan menjadi seorang dubber termasuk dua hal berbeda meskipun tetap memiliki irisan yang sama. “Aku harus men-dubbing untuk film yang sudah ada, rasanya beda ya,” ujar Dion Wiyoko dalam jumpa pers virtual hari ini Kamis (19/11).

Lebih lanjut Dion Wiyoko mengatakan, suaranya sempat serak setelah sekitar 2 jam melakukan dubbing. Dion bersyukur didampingi oleh mentor yang juga merupakan dubber profesional.

Sang mentor yang mendampinginya memberikan masukan supaya suaranya tidak cepat habis dan serak. Mentor mengajari Dion untuk lebih banyak menggunakan suara perut.

“Yang memorable banget setelah ngisi suara, suara saya jadi berserak. Setelah ngisi suara selama 2 jam suara jadi serak. Mentor bilang kamu terlalu banyak mengambil suara dari tengorokan, harus pakai suara perut,” kata Dion Wiyoko menirukan perkataan mentornya kala itu.

Sekalipun sudah selesai men-dubbing karakter Honghui, Dion Wiyoko mengaku belum menonton film Mulan secara utuh. Lelaki 36 tahun itu mengakui cukup penasaran untuk menonton film Mulan secara full.

“Menantang banget kita nonton sepenggal-sepenggal dan baru akan nonton 4 Desember filmnya secara utuh,” tandas Dion Wiyoko.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads