alexametrics

Dune, Perjalanan Menguasai Planet Rempah Arrakis

17 Oktober 2021, 12:48:28 WIB

Keluarga Atreides berada dalam ancaman bahaya. Setelah ditunjuk sebagai penguasa baru Arrakis, mereka berhadapan dengan musuh baru. Perpecahan terjadi. Masa depan keluarga Atreides dipertaruhkan.

RAJA planet samudra Caladan Duke Leto Atreides (Oscar Isaac) diangkat sebagai penguasa wilayah Arrakis, planet gurun gersang yang nyaris mustahil ditinggali. Arrakis menjadi incaran banyak klan lantaran memiliki kekayaan berupa melange –serbuk rempah yang dipercaya bisa memperpanjang umur dan meningkatkan kemampuan mental– berlimpah. Leto membawa istrinya, Lady Jessica (Rebecca Ferguson), serta putra mereka satu-satunya, Paul (Timothee Chalamet).

Berbeda dengan Atreides, Jessica adalah keturunan Bene Gesserit. Klan itu berupa persaudarian eksklusif yang memiliki kekuatan supranatural dan fisik super. Paul, yang kelahirannya dianggap tak menguntungkan oleh Bene Gesserit, mewarisi gen superior ibu.

Anak sulung Leto dan Jessica itu disiapkan sebagai ahli waris takhta lewat tempaan dua kesatria terbaik Caladan, Duncan Idaho (Jason Momoa) dan Gurney Halleck (Josh Brolin), serta bimbingan Mentat Thufir Hawat (Stephen McKinley Henderson). Namun, seiring dimulainya misi Arrakis, Paul mulai mendapat pertanda lewat mimpi. Dia melihat kilasan Chani (Zendaya), seorang perempuan suku Fremen, kematian beberapa orang terdekatnya, hingga gaung yang menyebutnya seorang Kwisatz Haderach atau Sang Terpilih.

Kependudukan Atreides membuat Baron Vladimir Harkonnen (Stellan Skarsgard), penguasa Arrakis terdahulu, meradang. Mereka berkongsi dengan penguasa tertinggi, Kaisar Shaddam IV, untuk menyerang penguasa baru planet rempah tersebut. Leto meninggal karena dikhianati salah satu orang kepercayaannya. Sementara itu, Jessica yang tengah hamil melarikan diri bersama Paul. Mereka harus berhadapan dengan kaum Fremen yang menyimpan dendam terhadap setiap pendatang baru Arrakis.

Dune, yang di credits tertulis sebagai Dune Part One, berisi prolog dari serial novel karangan Frank Herbert tersebut. Bagian pertama film berisi perkenalan tentang house atau keluarga serta konflik yang berpusat pada perebutan kekuasaan di Arrakis. Villeneuve –yang juga merangkap sebagai penulis naskah serta produser Dune– menyajikan adaptasi novel scifi tersebut dengan megah.

Visualnya tak membosankan walau banyak berkutat di gurun serta kastil yang suram. Hal itu juga didukung scoring khas Hans Zimmer. Eksekusi Villeneuve pun mendapat pujian dari kritikus. Bagian pertama Dune berhasil meramu cerita kompleks dengan cantik. Film berdurasi 155 menit itu diceritakan dengan alur lamban. Maklum, di novel, cerita ’’berlangsung” dalam waktu panjang dengan banyak tokoh. Meski demikian, Dune terasa nanggung karena ditutup dengan awal baru dan konflik yang tak sepenuhnya selesai.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : fam/c7/ayi




Close Ads