JawaPos Radar

Arti di Balik 13 Nama Grup K-Pop yang Tak Terduga

17/05/2018, 13:27 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
BTS
Bangtan Boys (BTS) ternyata arti nama mereka adalah cowok anti peluru yang bisa jadi perisai melindungi remaja. (soompi)
Share this image

JawaPos.com - Banyak grup K-Pop memakai nama akronim yang unik sebagai bagian dari identitas mereka. Akan tetapi, tidak semua orang tahu arti sebenarnya di balik nama mereka. Dilansir dari Koreaboo, Rabu (16/5), berikut arti pemilihan nama 13 grup K-Pop hit.

1. BTS

BTS bukan berarti Behind The Scene. BTS adalah akronim untuk Bangtan Sonyeondan, yang diterjemahkan menjadi Bulletproof Boy Scouts. Gagasan tersebut muncul dengan harapan bahwa musik BTS akan berfungsi sebagai perisai untuk melindungi remaja (bersama dengan nilai dan impian mereka) dari stereotip, kritik, dan harapan bahwa dunia akan melesatkannya seperti letusan.

Pada bulan Juli 2017, BTS menambahkan makna baru pengganti untuk akronim mereka, Beyond the Scene untuk mencerminkan popularitas global mereka saat ini. Hal ini juga dimaksudkan untuk mewakili kaum muda yang melampaui realitas mereka saat ini untuk bergerak maju, menuju impian mereka.

Menariknya, nama fans BTS, A.R.M.Y, juga kependekan dari Adorable Representative M.C for Youth.

2. EXO

EXO adalah singkatan dari EXOPLANET, yang mengacu pada planet yang berada di luar tata surya kita. Ketika grup ini memulai debutnya pada tahun 2012, mereka memiliki konsep superpower yang sangat cocok dengan nama mereka.

Grup ini telah dipromosikan di Korea sebagai EXO-K (EXO-Korea) dan di China sebagai EXO-M, (EXO-Mandarin). Akronim untuk subunit mereka, EXO-CBX, mengacu pada tiga anggota subunit: Chen, Baekhyun, dan Xiumin.

NCT
Grup K-Pop, NCT yang memiliki beberapa sub unit. (allkpop)

3. NCT

NCT adalah akronim dari Neo Culture Technology dan menggambarkan konsep kelompok yang memiliki jumlah anggota yang tidak terbatas dari berbagai negara.

NCT dibagi menjadi beberapa sub-unit. Di antaranya, NCT Dream, NCT U, dan NCT 127. The "127" di NCT 127 mengacu pada koordinat longitudinal Seoul sebagai subunit yang berbasis di Seoul.

NCT U adalah NCT versi United karena lagunya tidak menampilkan jajaran yang konsisten tetapi menampilkan anggota NCT berdasarkan siapa yang paling cocok membawakan lagu itu.

4. 2NE1

2NE1 lebih merupakan singkatan unik dari frase New Evolution Abad ke-21. Mantan anggota 2NE1 tentu pantas memiliki nama unik yang berani untuk menyesuaikan gaya mereka.

5. B1A4

B1A4 berarti Be One, All For One. Seperti 2NE1, nama grup B1A4 lebih condong ke stilisasi daripada akronim. Uniknya, nama tersebut juga mengacu pada golongan darah anggota. Satu anggota adalah tipe B dan empat lainnya adalah tipe A.

6. VIXX

VIXX adalah akronim dari Value In Excelsis. In Excelsis adalah bahasa Latin yang artinya dalam tingkat tertinggi. Oleh karena itu, VIXX berarti nilai dalam tingkat tertinggi. Nama ini terdengar elit dan chic, cocok untuk grup yang menawarkan hit berkualitas tinggi setiap saat.

TVXQ
Duo grup asal Korea, TVXQ. (soompi)

7. U-KISS

U-KISS adalah singkatan dari Ubiquitous Korea Internasional Superstar.

8. TVXQ!

Banyak penggemar bingung bertanya-tanya apa itu TVXQ! TVXQ bisa berarti Dewa yang Bangkit dari Timur.

Ternyata, arti sebenarnya berasal dari akronim pelafalan Tiongkok, yang ditulis sebagai Tong Vfang Xien Qi yang artinya Rising Gods of the East (Dewa yang bangkit dari timur). Terbukti, mereka sudah bertahan dan menguasai dunia selama lebih dari sepuluh tahun.

9. TEEN TOP

Akronim untuk TEEN TOP adalah yang paling tidak masuk akal dalam sejarah K-Pop. Siapa yang pernah menduga bahwa TEEN TOP adalah singkatan dari Teenage Emoboy Emotion Next Generation Talent Object Praise?

10. NU’EST

NU’EST berarti New ESTablished Style and Tempo. Bukan benar-benar sebuah akronim, tetapi itu benar-benar citra grup.

Ketika NU’EST memulai debutnya, nama mereka menyatakan bahwa mereka akan menghadirkan gaya dan tempo baru ke dunia K-Pop.

BtoB
Salah satu grup K-Pop, BtoB. (allkpop)

11. BtoB

BtoB bukan berarti Back to Business. BtoB adalah akronim dari Born to Beat. Lahir untuk mengalahkan ...apa sebenarnya? Atau siapa? Sebuah kompetisi? Mungkin BtoB harus menambahkan satu huruf lagi ke akronim mereka untuk melengkapi frasa mereka.

12. BEAST

Sebelum menjadi sorotan, mereka adalah BEAST atau B2ST, yang berarti Boys EAst Standing Tall atau Boys to Search for Top. Kedua makna mengisyaratkan bahwa kelompok tersebut akan naik di atas persaingan mereka dan mendominasi dunia musik.

Setelah kelompok itu meninggalkan agensi lama mereka, mereka mengubah nama mereka menjadi BEAST, yang berarti bagian paling terang.

13. MBLAQ

Jika TEEN TOP adalah juara dengan akronim yang aneh, maka MBLAQ mungkin saja menjadi runner up. MBLAQ adalah singkatan dari Music Boys Live in Absolute Quality, yang secara teknis masuk akal tapi terdengar aneh.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up