JawaPos Radar

Mira Lesmana Prihatin Minimnya Film Anak-anak

17/04/2018, 09:25 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Mira Lesmana
Mira Lesmana di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (16/4). (Dedi Yondra/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Produser film kenamaan Mira Lesmana mengomentari krisis film anak yang kini terjadi di industri perfilman. Menurutnya, sedikit sekali sineas yang menghadirkan film anak-anak dalam lima tahun terakhir.

"Memang sedikit sekali film anak. Sejak lima tahun terakhir, dari 500-an film cuma 15 film anak," kata Mira Lesmana di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (16/4).

Berangkat dari keprihatinan itu, muncul niat Mira Lesmana untuk kembali membuat film anak-anak. Bersama Miles Films dan Riri Riza sebagai sutradara, dia pun bergerak untuk memproduksi film anak berjudul Kulari ke Pantai.

"Kami berdua berangkat dari film anak, makanya pengin kembali menghadirkan film anak-anak," ujarnya.

Mira Lesmana tidak memungkiri bahwa membuat film anak punya sederet tantangan. Selain harus dikemas secara menarik, menurutnya film anak juga harus sampai ke telinga para orang tua. Sebab, orang tua lah yang kemudian tergerak mengajak anaknya untuk menonton film anak dan sesuai umur.

"Kita harus berkomunikasi ke orang tua, bagaimana anak diajak menonton sesuai umurnya. Challenge lagi, bagaimana harus fun dan memasukkan nilai positif," imbuhnya.

Film Kulari Ke Pantai saat ini tengah dalam masa produksi. Nantinya karya ini akan menjadi film dengan genre komedi drama. Dua pemeran utama film ini adalah Maisha Kanna dan Lil’li Latisha, anak-anak berbakat yang baru pertama kali muncul di layar lebar. Film ini juga dimeriahkan oleh aktor-aktor papan atas dan komika ternama Indonesia.

Dari segi cerita, Kulari Ke Pantai akan membawa anak-anak dan keluarga menjelajah Pulau Jawa sepanjang lebih dari 1.000 kilometer melalui sebuah perjalanan darat yang mengasyikkan dan penuh kejutan, dari Jakarta hingga ke Banyuwangi. Lalu ke Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur.

Film yang memulai produksi di awal Maret itu akan tayang pada 28 Juni 2018 mendatang. Menjelang ditayangkan, Miles Films dan Bekraf kini mengadakan Lomba Cipta Lagu Anak 2018. Lomba ini tujuannya juga mengembalikan kejayaan lagu anak di tengah krisis saat ini. Karya pemenang lomba berkesempatan ditampilkan dalam film Kulari Ke Pantai. Selain itu, lagu lima finalis juga akan dirilis secara digital maupun CD, ditambah dengan hadiah ratusan juta rupiah untuk pemenang utama.

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up