alexametrics

Joko Anwar Dapat Ide ‘Perempuan Tanah Jahanam’ dari Mimpi Buruknya

16 September 2019, 23:48:02 WIB

JawaPos.com – Ide cerita film Perempuan Tanah Jahanam buatan Joko Anwar ternyata sudah muncul sejak lama. Sang sutradara menuturkan bahwa ide tersebut timbul di benaknya dari mimpi buruk yang ia alami 10 tahun silam.

Joko menceritakan, waktu itu ia bermimpi berada di sebuah daerah terpencil di sebuah hutan. “Sejak 10 tahun lalu tuh saya sering mimpi berada di sebuah tempat desa terpencil. Satu desa aneh. Makanya saya beri judul Tanah Jahanam,” katanya, Senin (16/9).

Dalam proses syuting, Joko menceritakan, sedikitnya ada tiga hutan yang dijadikan lokasi syuting yang berada di Banyuwangi, Ijen, dan Lumajang. Wilayah Jawa Timur paling dirasa cocok sesuai atmosfer jalan cerita film tersebut. Joko bahkan sempat jatuh sakit saat syuting di Bangil karena berada di tengah hutan dan terserang demam berdarah.

“Syutingnya berat banget, banyak medan yang sulit. Hutan paling berat di daerah Palapakis, itu dari jalan darat ke dalamnya bisa 2 jam masuk ke hutannya,” jelasnya.

Bercerita tentang fungsi sebuah keluarga, Joko menuturkan bahwa awalnya ia tidak mau menggarap film horror dengan latar belakang konflik dalam keluarga. “Entah kenapa tadinya sudah berusaha nggak buat jalan cerita begitu (ada kisah keluarga, Red), tapi munculnya begitu lagi,” katanya.

Persiapan Perempuan Tanah Jahanam sendiri dilakukan mulai Januari 2019 dan mulai syuting pada Maret-April 2019. “Ceritanya akan menggedor jantung masuk ke kulit banget. Ibarat jantung turun ke perut,” ujar Joko.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads