JawaPos Radar

Krisis Lagu Anak, Jokowi Telepon Triawan Munaf Malam Hari

16/04/2018, 20:22 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat kabinet. (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata ikut merasakan krisis lagu anak-anak pada zaman sekarang. Karena alasan itu, dia pun berdiskusi dengan Triawan Munaf, sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk memperhatikan masalah ini.

Hal tersebut diceritakan Triawan Munaf saat menghadiri jumpa pers Lomba Cipta Lagu Anak 2018 di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (16/4). Dia mengatakan bahwa pernah mendapat telepon dari Jokowi perihal krisis lagu anak-anak.

"Saya ditelepon Pak Jokowi dua kali, malam-malam. Dia nanya apa yang bisa bikin lagu anak semarak dulu?," kata Triawan Munaf.

Triawan Munaf
Kepala Bekraf, Triawan Munaf di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (16/4). (Dedi Yondra/JawaPos.com)

Merespons keresahan tersebut, Bekraf dan Miles Films tergerak untuk membangkitkan lagi industri lagu anak. Sinergi ini kemudian melahirkan program Lomba Cipta Lagu Anak 2018.

"Lomba Cipta Lagu Anak adalah inisiatif Bekraf menyambut ajakan Presiden Joko Widodo untuk kembali menggalakkan produksi lagu anak-anak. Harapannya dapat memicu kreatifitas dan produktivitas masyarakat dan pelaku industri musik untuk menghasilkan lagu anak berkualitas," jelas Triawan Munaf.

Bekraf sengaja menggandeng Miles Films untuk Lomba Cipta Lagu Anak karena rumah produksi itu tengah mengerjakan film anak berjudul Kulari Ke Pantai. Medium ini dinilai bisa menarik minat banyak orang untuk menikmati karya-karya anak. Terutama orang tua yang harus menyajikan film ataupun lagu anak sesuai dengan umur buah hati.

"Harus ada gerakan, menggandeng produk yang nyatanya bisa dinikmati sama anak-anak. Salah satunya film yang juga berisi lagu anak-anak," ucap Triawan Munaf.

"Film nggak lepas dari lagu, makanya muncul ide lomba cipta lagu anak," imbuh Mira Lesmana dari Miles Films.

Lomba Cipta Lagu Anak 2018 telah mulai bergulir sejak hari ini. Semua peserta dari seluruh Indonesia bisa ikutan dengan mengirimkan karya berupa mp3 hingga 15 Mei 2018. Lagu yang dibuat harus bertemakan tentang keindahan alam, petualangan, keluarga, persahabatan, dan liburan.

Pemenang Lomba Cipta Lagu Anak 2018 akan ditentukan oleh juri profesional. Mereka adalah Triawan Munaf, Riri Riza, Mira Lesmana, Aksan Sjuman, dan RAN. Karya yang masuk dinilai lewat berbagai kriteria, mulai dari bahasa, lirik, sampai ke musik.

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up