alexametrics

Yovie Widianto dan Is Pusakata Kenang Alat Musik Pertamanya

15 Oktober 2020, 23:09:00 WIB

JawaPos.com – Bagi seorang musisi, alat musik adalah nyawa untuk memudahkan mereka menciptakan karya. Karena itu musisi Yovie Widianto dan Mohammad Istiqamah Djamad atau yang sekarang dikenal dengan nama panggung Pusakata bercerita banyak soal alat musik yang mereka geluti.

Yovie Widianto dan Is pun mengenang alat musik yang sudah menemani perjalanan awal mereka sebelum terkenal seperti sekarang. Yovie misalnya dulu pernah menggunakan alat keyboard DX7. Sejak tahun 1983, dia sudah menggunakannya.

“Semua keyboard-keyboard terbaru termasuk memakai Montage yang saya gunakan untuk menciptakan lagu seperti Adu Rayu, Rindu dalam Hati dan Terlanjur Mencinta,” kata Yovie Widianto dalam bincang-bincang secara daring bersama 50 tahun Yamaha Music baru-baru ini.

Yovie juga mengenang keikutsertaannya dalam sebuah ajang musik 1986. Dalam ajang itu lahir sejumlah band dan musisi Indonesia yang kemudian menghiasi industri musik 1990an hingga sekarang. Saat itu, Kahitna berhasil menjadi juara dua. Sedangkan juara pertama kala itu diraih oleh band Emerald.

“Kompetisi band Light Music Contest yang kemudian berganti nama menjadi Band Explosion banyak menghasilnya musisi ternama Indonesia ikut berpartisipasi pada saat itu seperti Yovie Widianto (Kahitna), Trie Utami (Krakatau Band), Ruth Sahanaya, Emerald dan beberapa musisi Indonesia terkenal lainnya,” jelasnya.

Eks vokalis Payung Teduh, Mohammad Istiqamah Djamad yang memilih solo karir dengan nama Pusakata.

Hal serupa dialami Pusakata yang punya kenangan indah tentang alat musik pertamanya dulu. Mantan vokalis Payung Teduh ini merasakan perkembangan dan inovasi alat musik yang dimilikinya sangat membantu musisi untuk berkarya.

“Waktu kelas lima dapat gitar akustik Nylon C370. Berkesenian dari 2002, bermusik sejak 2004 hingga berkarier profesional di tahun 2007. Bicara alat musik tentu banyak hal yang mengesankan,” kata Is.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads