JawaPos Radar

Beda Perolehan Penonton 5 Film Daur Ulang di 2017

14/10/2017, 17:16 WIB | Editor: Imam Solehudin
Film Daur Ulang
Warkop DKI Reborn sukes membukukan jumlah penonton fantastis ((Dedi Yondra/JawaPos.com))
Share this

JawaPos.com - Sejumlah film daur ulang (recycle) meramaikan industri perfilman tanah air tahun ini. Beberapa judul remake atau reboot yang cukup menarik perhatian yakni Warkop DKI Reborn Part 2, Hantu Jeruk Purut Reborn, Jailangkung, Jomblo, dan Pengabdi Setan.

Di antara lima film ini, ada yang sukses meraup jumlah penonton tinggi. Ada pula yang justru tergolong biasa untuk angka perolehan di bioskop.

Berikut 5 Film Daur Ulang Tahun 2017 Lengkap dengan Jumlah Penonton;

1. Warkop DKI Reborn Part 2 (4.083.190)

Dari data laman Film Indonesia, Warkop DKI Reborn Part 2 berhasil meraih 4.083.190 penonton. Film komedi ini adalah lanjutan edisi pertama.

Meskipun Warkop DKI Reborn Part 1 secara luar biasa berhasil menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa, film ini juga terbilang sukses, yakni dengan raihan 4 juta penonton.

Disutradarai Anggy Umbara, film ini masih dibintangi Abimana Aryasatya, Vino G Bastian, dan Tora Sudiro. Dalam film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 penonton dihibur dengan kelucuan-kelucuan gaya klasik hingga kekinian.

Semua dibalut dalam sebuah kisah pertualangan Dono, Kasino, dan Indro mencari harta karun di Malaysia.

"Part 2 melanjutkan pertualangan pertama. Banyak kejadian di sini makanya cerita lebih lebar. Secara garis besar gabungan IQ Jongkok, dan Setan Kredit," kata Anggy Umbara sebagai sutradara di Duren Tiga, Jakarta Selatan. "Part 2 banyak petualangan, banyak surprise. Dua kali lipat keseruan, intinya di sini," sambung Vino G Bastian.

Film produksi Falcon Pictures ini melakukan promosi cukup besar. Poster dan wajah pemain bahkan dimuat di gedung, bis, hingga pesawat pribadi.

2. Hantu Jeruk Purut Reborn (42.598)

Jumlah penonton Hantu Jeruk Purut Reborn tidak sampai di angka 50 ribu penonton. Dari data Theater Satu, film ini hanya meraih 42.598 penonton sejak diputar 14 September lalu.

Hantu Jeruk Purut adalah salah satu film horor yang sukses di tahun 2006. Berangkat dari semangat itu, Shanker RS bersama dengan DFM Pictures tertarik menggarap ulang film tersebut.

Menariknya, beberapa film lama yang diproduksi kembali justru menggunakan pemain baru. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk film Hantu Jeruk Purut Reborn. Film horor ini tetap menggunakan nama lama yaitu, Sheila Marcia dan Angie Yulia.

"10 tahun lalu film Hantu Jeruk Purut sukses dibuat, cerita yang dipercaya masyarakat. Saya angkat kembali film ini untuk generasi yang berbeda. Pemain lama berkumpul lagi di sini," kata Shanker RS di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dari segi cerita, Hantu Jeruk Purut Reborn kembali mengangkat kisah horor urban legend yang diperbincangkan masyarakat di kawasan tersebut. Edisi reborn itu digarap lebih kekinian dengan tetap memiliki benang merah yang menghadirkan hantu pastur tanpa kepala. Film itu beredar 14 pada September 2017 lalu.

3. Jailangkung (2.550.271)

Meski mendapat komentar positif dan negatif, Jailangkung termasuk salah satu film remake yang berhasil di pasaran tahun ini. Film garapan Jose Poernomo dan Rizal Mantovani itu sukses merau 2,5 juta penonton, lebih besar dari film pertama pada 2001 silam.

Salah satu faktor keberhasilan film Jailangkung terletak pada pemilihan pemain. Duet kekinian, Jefri Nichol dan Amanda Rawles mampu menyedot animo penggemar untuk menonton film horor ini.

Dari segi cerita, kali ini Jailangkung mengisahkan tiga gadis yang ingin menguak misteri pada ayah mereka, yang ditemukan koma secara misterius.

Bella (Amanda Rawless) bersama kakaknya Angel (Hanna Al Rasyid), dan adiknya Tasya berusaha menemukan jawabannya dengan bantuan Rama (Jefri Nichol), teman kampus Bella yang tertarik pada hal metafisik.

Seorang pilot bernama Capt Wardana (Augie Fantinus) membantu mereka.

Mereka menemukan jailangkung yang membuka rahasia gelap di masa lalu dan kini membahayakan nyawa mereka. Perbedaan mencolok dalam edisi terbaru yang rilis Juni 2017 lalu ini adalah pada mantra.

4. Jomblo (316.719 - masih tayang)

Rumah produksi Falcon Pictures mengambil langkah untuk mengarap ulang film komedi romantis, Jomblo. Film arahan sutradara Hanung Bramantyo itu merupakan reboot film berjudul sama yang dirilis pada 2006.

Film Jomblo edisi kali ini menampilkan Ge Pamungkas (Agus), Richard Kyle (Doni), Deva Mahenra (Olip), dan Arie Kriting (Bimo), serta Aurelie Moeremans (Asri) dan Indah Permatasari (Lani).

Jomblo versi 2017 menawarkan sejumlah hal baru dengan target penonton yang berbeda dengan film pertama. Jomblo pada 2006 lebih ditujukan ke generasi 90-an.

Di mana waktu itu, status jomblo dipandang memalukan dan mengundang belas kasihan atau ejekan. Namun dalam Jomblo versi 2017, Hanung mencoba mengganti premis film.

Jomblo yang semula dipandang buruk pada film pertama lantas diredefinisi. "Jomblo yang sekarang lebih ke kebanggaan. Artinya, status jomblo bukanlah sebuah aib dan hambatan untuk percaya diri,” kata Hanung.

Gala Premier film Jomblo dibuat meriah di enam kota. Salah satunya di Kemang Village, Jakarta Selatan. Selain itu rangkaian gala premier diadakan di Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Bandung.

Film Jomblo tayang serentak di seluruh bioskop mulai 5 Oktober 2017 dan masih beredar hingga saat ini.

5. Pengabdi Setan (2.480.347 - masih tayang)

Pengabdi Setan termasuk film reboot paling berhasil tahun ini. Film ini dibuat ulang dari film horor berjudul sama yang diproduksi Rapi Films pada 1980 silam.

Digarap Joko Anwar, film ini mampu menyuguhkan horor yang berkualitas. "Aku pengin Pengabdi Setan bisa mengangkat film horor Indonesia ke tempat yang terhormat," kata Joko Anwar di Cikini, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Selain menjadi perbincangan di media sosial, Pengabdi Setan juga meraih angka penonton sangat baik. Sejak rilis pada 28 September 2017 lalu, kini film tersebut sudah meraup lebih dari 2,4 juta penonton.

Jumlah yang sangat bagus untuk film yang baru 15 hari tayang.

Jumlah penonton film Pengabdi Setan dipastikan bisa terus bertambah. Sebab film produksi Rapi Films itu masih tayang di seluruh bioskop tanah air.

Sejak melakukan penayangan, Pengabdi Setan memang mendapat respons baik dari pengamat dan penggemar film. Sejumlah komentar positif pun muncul untuk film horor tersebut di media sosial.

Tidak hanya itu, Pengabdi Setan juga sukses masuk dalam 13 kategori Festival Film Indonesia 2017 yang diumumkan 5 Oktober kemaren.

Film kali ini melibatkan Tara Basro serta pemain lain seperti Bront Palarae, Egi Fedly, Ayu Laksmi, Fachri Albar, dan Asmara Abigail.

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up