JawaPos Radar

Cerita Fatmawati, Belajar Sejarah Kemerdekaan Indonesia Lewat Musik

14/03/2018, 07:20 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Cerita Fatmawati
CD album Cerita Fatmawati (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Tidak bisa dipungkiri, musik adalah aspek fundamental dalam kehidupan manusia. Sebagai manusia modern yang hidup serba dinamis, pendengar cenderung mencari suatu bentuk hiburan dan informasi yang ringan dan mudah dicerna.

Berangkat dari ide tersebut, Arini Kumara dan Christian Bong membuat suatu konsep pertunjukan musik yang mengangkat kisah yang dituangkan ke dalam musik popular.

Dibawakan secara kasual dengan iringan musik pop dengan lirik sederhana tetapi menyentuh hati, hasilnya adalah sebuah album bertajuk Cerita Fatmawati.

Februari 2018: "Cerita Fatmawati" (YouTube/Arini Kumara)

Album ini mengangkat cerita romantika di balik kemerdekaan Republik Indonesia dari perspektif Ibu Fatmawati yang mengambil waktu sejak dia bertemu Ir. Soekarno hingga pergi meninggalkan istana.

Sembilan komposisi original untuk mendukung jalan cerita, direkam dalam format band oleh tujuh musisi-musisi Indonesia berbakat seperti Cindy Clementine (Biolin), Arnold Pontoh (Piano), Evan Asher (Gitar), Arini Kumara (Kontrabas), Reza Bima (Drum), Christian Bong (Vokal), serta Monica Dyah Paramitha (Vokal).

Lirik dari lagu-lagu dalam album Cerita Fatmawati terinspirasi dari beberapa buku. Semua dibuat secara ringan dan mudah dicerna sehingga pendengar dapat menangkap isi cerita dengan mudah.

MusiCater Indonesia didukung oleh Demajors Independent Music Industry, memproduksi debut album Cerita Fatmawati. Berikut 10 lagu yang terdapat dalam album tersebut.

1. Fatima

Ditulis dan diaransemen oleh Arini Kumara, lagu ini adalah cerita singkat tentang siapa Ibu Fatmawati hingga ia berkenalan dengan Ir.Soekarno

2. Aku Dilamar Bapakku

Masih ditulis dan diaransemen oleh Arini Kumara, lagu ini berkisah tentang Soekarno yang adalah bapak angkat Ibu Fatmawati kemudian melamarnya untuk menjadi istri ke tiga

3. Tunggu Aku Fat

Lagu yang dibuat oleh Arini Kumara ini mengisahkan saat Soekarno diasingkan, sehingga harus terpisah dengan Ibu Fatmawati yang pada saat itu telah setuju untuk menikahinya tapi tidak mau menjadi yang kedua.

4. Tak Ingin Ku Menunggu

Musik dan lisirk dalam lagu ini dibuat oleh Arini Kumara. Liriknya soal Soekarno menikahi Ibu Fatmawati.

5. Menjahit Merah Putih

Seperti judulnya, lagu yang musik dan liriknya dibuat oleh Christian Bong ini mengisahkan pembuatan Merah Putih.

6. Indonesia Raya

Untuk lagu ini tidak ada perubahan yang berarti. Menariknya, dalam album ini, lagu kebangsaan Indonesia di iringi dengan solo biolin. Jadi, sama seperti pertama kali diperdengarkan oleh Wage Rudolf Supratman.

7. Ibu Negara

Lagu yang menggambarkan keanggunan Ibu Negara pertama Indonesia, Ibu Fatmawati ini ditulis dan diaransemen oleh Christian Bong.

8. Bumiputera Soekarno

Lagu ini menceritakan cinta kasih Soekarno dan Ibu Fatmawati terhadap anak-anak mereka.

9. Aku Seorang Pecinta

Kembali karya Arini Kumara. Lagu ini menceritakan ketika Ir. Soekarno meminta izin untuk menikah lagi dan permintaan itu ditolak karena Ibu Fatmawati menentang poligami.

10. Jalan Siwijaya

Setelah menolak poligami, Christian Bong membuat lagu yang mengisahnya Ibu Fatmawati yang akhirnya keluar dari Istana dan tinggal di Jalan Sriwijaya.

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up