JawaPos Radar

10 Film Indonesia Terlaris Bersaing di IBOMA 2018

14/03/2018, 19:20 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Film Pengabdi Setan
Keluarga dalam film Pengadi Setan besutan Joko Anwar. (Instagram/jokoanwar)
Share this image

JawaPos.com - Ajang penghargaan Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2018 segera bergulir. Penyelenggaraan tahun ke-3 ini bakal dilaksanakan pada Jumat, 23 Maret 2018.

Sama seperti tahun sebelumnya, IBOMA kali ini tetap menganugerahkan penghargaan untuk 10 film terlaris dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

"IBOMA adalah bentuk kontribusi sama film Indonesia, bagaimana kita terus berusaha memajukan industri perfilman tanah air," kata Deputi Direktur Programming SCTV, di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (14/3).

Pengabdi Setan (2017) Official Trailer (YouTube/Rapi Films)

10 film terlaris dalam kurun waktu satu tahun terakhir bakal berebut dalam 15 kategori, yakni, Film Box Office Tahun Ini, Film Box Office Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Ditambah dengan kategori Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Poster Film Terbaik, Trailer Film Terbaik, Produser Film of The Year, OST Film Terbaik, Ensemble Talent Terbaik, dan Top 10 Film Box Office Tahun Ini.

Pemenang dari kategori IBOMA 2018 bakal dipilih langsung oleh dewan juri. Para juri yang terlibat di antaranya, Erwin Arnada, Gina S Noer, Lola Amaria, Prisia Nasution, Rako Prijanto, Sentot Sahid, dan Titi Rajo Bintang.

"IBOMA berbeda dari ajang penghargaan film lainnya, karena kita pilih dari yang terlaris, menyelaraskan yang baik dengan yang laris," jelas Erwin Arnada yang juga merupakan seorang produser film.

"Ini bisa memicu film bagus banyak juga suka. IBOMA bisa menumbuhkan kecintaan sama film lokal," lanjut  Prisia Nasution.

Para aktor dan aktris menyambut baik adanya IBOMA 2018. Menurut mereka ini sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan pada film lokal. Termasuk memicu lahirnya film-film bagus yang bisa laku di pasaran.

"Saya merasakan bahagia. Ini saatnya film laku bermutu, menjadikan film nasional raja di negeri sendiri," ujar Indro Warkop.

"Pengin mematahkan film laku belum tentu berkualitas. Tapi juga ada film laris yang bagus," timpal Jefri Nichol.

10 film yang bersaing dalam IBOMA 2018 adalah Pengabdi Setan, Warkop DKI Reborn Part 1, Ayat Ayat Cinta 2, Danur 1, Jailangkung, Susah Sinyal, Surga Yang Tak Dirindukan 2, Mata Batin, The Doll 2, dan Surat Cinta Untuk Starla The Movie. Seluruh film itu merupakan karya yang beredar setahun terakhir atau tahun 2017.

video

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up