JawaPos Radar | Iklan Jitu

Perjalanan Karir Stan Lee, Pencipta Hingga Langganan Jadi Cameo

13 November 2018, 11:01:27 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Perjalanan Karir Stan Lee dan Sejumlah Cameo yang diperankannya
Ternyata Stan Lee sudah aktif menjadi cameo dalam film-film Marvel sejak tahun 1980-an. (Independent.co.uk)
Share this

JawaPos.com - Karir Stan Lee di dunia komik dimulai pada tahun 1930-an. Pada saat itu, ida memegang posisi asisten pada suatu lembaga publikasi komik bernama Timely Comics. Tidak sampai tahun 1961, Timely Comics berubah nama menjadi Marvel Comics dan menciptakan pahlawan super perdana mereka, Fantastic Four.

Posisi Lee di Marvel Comics dimulai sebagai kepala redaksi. Bersama Jack Kirby dan Steve Ditko, beliau ambil andil dalam menulis banyak komik dan menciptakan karakter pahlawan super baru.

Meski begitu, kontribusi terbesar Stan Lee dalam dunia komik mungkin adalah bagaimana beliau memecah stigma soal komik pahlawan super yang melulu untuk anak-anak. Kemudian, saat Fantastic Four muncul, pembaca terkesan dengan tema cerita yang memikat pembaca remaja maupun dewasa. Kesuksesan Marvel pun semakin melonjak setelah kehadiran sang manusia laba-laba, Spider-Man pada 1963.

Every Stan Lee Cameo Ever (1989-2018) (YouTube/SuperHeroesEvolution)

Di tahun 1972, Lee memutuskan untuk hengkang dari dunia menulis dan fokus sebagai publisher di Marvel. Keputusan ini justru menaikkan pamor Stan Lee, dan penggemar komik Marvel makin mengasosiasikan diri Stan sebagai maskot tidak resmi dari Marvel.

Sementara itu, debut Stan Lee sebagai cameo dimulai sejak tahun 1980-an. cameo perdana Stan sendiri terdapat pada film TV yang berjudul The Trial of the Incredible Hulk. Dalam film spin-off dari Incredible Hulk yang populer di era 1970-an ini, Stan Lee hadir sebagai salah satu juri pengadilan Bruce Banner alias Hulk yang dituduh ngelakuin percobaan pelecehan seksual.

Stan Lee juga muncul di film Daredevil yang dibintangi Ben Affleck. Di sini, Stan Lee berperan sebagai seorang kakek yang akan menyebrang jalan. Kakek ini lagi asyik baca koran sehingga hampir ditabrak bus. Beruntung ada Matt kecil (Scott Terra) yang menahan langkahnya. Sosok Stan terkesima saat ngelihat Matt berjalan menjauh.

Tradisi ini berlanjut sampai Marvel Cinematic Universe, dan tidak disangka Stan juga hadir dalam game video Marvel’s Spider-Man arahan Insomniac Games. Di game itu, dia berperan sebagai seorang pemilik kafe yang mengatakan bahwa Peter dan Mary Jane adalah pasangan yang serasi.

Aksi Stan Lee yang sekelebat juga bisa dilihat di film Doctor Strange. Di saat Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) dan Mordo (Chiwetel Ejiofor) lagi berhadapan sama Kaecilius (Mads Mikkelsen) di London, Stan Lee lagi nikmatin perjalanan dalam sebuah bus sambil baca buku.

Terbaru, kita bisa melihat penampilan cameo-nya di film Black Panther yang rilis di bulan Februari lalu. Saat itu, Stan Lee berperan sebagai thirsty gambler dan memberi petuah pada Martin Freeman. Selain itu, saat menonton film Avengers Infinity Wars, ada yang ingat dengan teriakkan sopir bus sekolah yang membawa spider-man dan teman-temannya? Sayangnya tidak banyak penonton yang menyadari bahwa supir bus tersebut adalah Stan Lee.

Terkait cameo beliau di film-film setelah kematiannya, seperti dilansir dari Comicbook, Stan Lee tetap akan tampil sebagai cameo di film Avengers 4 maupun Captain Marvel.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up