alexametrics

Sikapi 25 Persen Penonton Bioskop, XXI dan CGV Akan Gelar Rapat Besok

13 Oktober 2020, 21:44:02 WIB

JawaPos.com – XXI dan CGV berencana menggelar rapat pada Rabu (14/10) besok guna menyikapi dibolehkannya bioskop beroperasi di wilayah DKI Jakarta dengan jumlah penonton dibatasi maksimal 25 persen. Rapat tersebut akan dilaksanakan di kantor Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) yang terletak di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

“Besok kita rapat dulu, organisasi kan punya sifat begitu. Berkoordinasi, berdiskusi, memutuskan. Rapat akan diikuti XXI, CGV dan beberapa lembaga terkait,” kata Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin kepada JawaPos.com, Selasa (13/10).

Dia mengatakan rapat kemungkinan akan dilaksanakan pada siang hari setelah makan siang. Menurut penuturan Djonny, rapat ini juga untuk menanggapi sikap asosiasi film yang tidak mau memutar film-film mereka dengan jumlah penonton maksimal 25 persen. Hasil dari rapat kemudian akan dibuat rekomendasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Untuk menyepakati bioskop dibuka, kita akan minta sama Pak Gubernur Anie keliru lah kalau 25 persen,” katanya.

Djonny menyayangkan Pemprov DKI tidak melibatkan asosiasi film sebelum menentukan angka maksimal penonton bioskop. Padahal dalam beberapa kali izin bioskop yang sebelumnya batal, jumlah maksimal penonton bukan 25 persen, melainkan 50 persen. Seperti pada bulan Juli bioskop sempat diwacanakan beroperasi namun batal. Begitu juga pada bulan Agustus dan September. Dalam tiga bulan tersebut jumlah maksimal penonton masih 50 persen.

Dia pun cukup kaget tiba-tiba jumlah penonton berubah dari 50 persen menjadi 25 persen. “Harusnya sebelum diputuskan panggil donk kita, gimana nih pak kalau kita potong jadi 25 persen. Jangan sudah terlanjur tertera, tertulis, gimana cara meralatnya? Itu kan masalah. Itu sama saja dengan nggak dikasih izin kalau 25 persen,” tuturnya

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads