alexametrics

Kucumbu Tubuh Indahku, Buah Perjuangan Tak Kenal Lelah Garin Nugroho

9 Desember 2019, 16:36:22 WIB

JawaPos.com – Film Kucumbu Tubuh Indahku pesta pora di malam penganugerahan Festival Film Indonesia (FFI) 2019. Meraup delapan Piala Citra, keberhasilan film ini tentu tidak lepas dari tangan dingin sang sutradara, Garin Nugroho.

Nama Garin sebagai sutradara tentunya sudah tidak asing di telinga banyak orang. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ini adalah pertama kalinya Garin memenangkan Piala Citra dalam kiprahnya di dunia film Indonesia selama 38 tahun.

Sayangnya, Garin tidak bisa hadir di malam besarnya kemarin. Ia diwakili oleh putrinya, Kamila dalam menerima penghargaan. Di atas panggung, Kamila menyampaikan pesan yang sudah ditulis sang ayahanda. Dalam kesempatan itu Garin Nugroho mengaku bahwa ia sengaja membuat film Kucumbu Tubuh Indahku untuk menyampaikan pesan penting ke banyak orang dan hendak membuka cakrawala berpikir para penonton.

Meski dirinya sudah pernah meraih penghargaan di luar negeri, Garin tetap menganggap penghargaan FFI adalah yang terbaik. “FFI adalah penghargaan terbaik karena rumah saya sebagai sutradara Indonesia. Terima kasih FFI, kamu adalah rumah terbesar film Indonesia,” ucap Kamila membacakan pesan Garin Nugroho.

Keberhasilan Garin lewat Kucumbu Tubuh Indahku pun diapresiasi banyak orang. Sutradara Benni Setiawan salah satunya. Sebagai sesama sutradara, Benni mengaku senang ketika melihat film arahan Garin tersebut memborong banyak penghargaan.

“Saya senang sekali. Harusnya dari sejak dulu beliau (dapat piala FFI, Red). Beliau kan senior saya di IKJ, malah sudah didahului juniornya (dapat penghargaan FFI, Red). Tapi beliau beberapa kali dapat penghargaan di luar negeri,” tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkan Benni, dia mengaku salut akan semangat yang selalu ditunjukkan Garin di dalam membuat film. Dia pun jadi semakin termotivasi untuk terus berkarya setelah berkaca pada Garin Nugroho.

“Saya salut. Semakin usia beliau bertambah, semakin matang dan semakin bagus juga karyanya. Itu memberikan semangat juga buat kami-kami ini yang semakin tua. Usia bukan halangan untuk kita berkarya,” tandas Benni.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: