JawaPos Radar

Pertunjukan Kejutan dari AKB48 di Ulang Tahun Teater JKT48

09/09/2018, 09:26 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
Pertunjukan Kejutan dari AKB48 di Ulang Tahun Teater JKT48
Penampilan AKB48 saat menyanyikan lagu RIVER di perayaan 6 tahun Teater JKT48, Sabtu (8/9) (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com – Sabtu (8/9) menjadi hari istimewa bagi penggemar dan member grup idola JKT48. Sebab, teater di mal FX Sudirman yang menjadi home base untuk bertemunya para idola dan penggemar itu tepat berusia 6 tahun. Untuk merayakannya, digelar pertunjukan spesial oleh Tim J.

Sebelum pertunjukan berlangsung, dilakukan proses pemasangan plakat 6 tahun Teater JKT48 oleh Kapten JKT48 Shania, Kapten Tim J Gaby, Kapten Tim KIII Yona, dan Kapten Tim T Ayana. Sekitar 30 menit kemudian, tepatnya pukul 14.45, pertunjukan spesial oleh Tim J dimulai.

Show yang digelar oleh 16 member JKT48 itu mengambil tema nostalgia melalui lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Tim J. Untuk informasi, JKT48 memiliki tiga tim. Yakni, Tim J, Tim KIII, dan Tim T. Selain lagu yang dinyanyikan atas nama JKT48, masing-masing tim juga memiliki lagu tersendiri.

Setlist lama Tim J JKT48 langsung terdengar di empat lagu pertama. Yakni First Rabbit, Durian Shounen, Gadis yang Paling Cantik di Pinggiran Pantai, dan Ratu Para Idola. ’’Di event kali ini, kami akan menampilkan lagu-lagu nostalgia dengan susunan member yang baru,’’ ujar Center Tim J Cindy Yuvia.

Pertunjukan Kejutan dari AKB48 di Ulang Tahun Teater JKT48
Tim J membawakan lagu-lagu khas Tim J di perayaan 6 tahun Teater JKT48 (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Seperti biasa, jeda empat lagu awal diselingi dengan sesi perkenalan dan menyampaikan sebuah ungkapan. Tema sore itu, perubahan apa yang dirasakan setelah pindah Tim J. Setelah dulu didominasi oleh member generasi pertama JKT48, kini sudah tidak lagi. Member dari berbagai generasi ada di Tim J.

’’Dulu aku bertahun-tahun di Tim KIII dengan teman yang seperti biasa (itu-itu saja, red). Aku senang bisa mengalami perubahan meski awalnya susah,’’ kata Cindy Yuvia yang baru pindah ke Tim J pada akhir Mei lalu. Member lain seperti Stefi yang awalnya dari Tim T juga memberikan testimoni. Katanya, suka di Tim J karena tidak ada senioritas.

Sinka Juliani yang dulunya dari Tim KIII juga menyampaikan apa yang dirasa. Dia menyebut Tim J menyenangkan karena mengerti soal dirinya yang pendiam, sulit berinteraksi, dan harus didekati duluan. ’’Di Tim J, mereka mau mendekati. Jadi, aku seneng banget,’’ ucap Sinka.

Pertunjukan lantas berjalan dengan lagu-lagu lama seperti Joan of Arc di Dalam Cermin yang dibawakan kali pertama pada 2012, Virginity, Punkish, sampai Simpati Gravitasi yang dirilis pada 2014. Lagu-lagu lama itu makin asyik dinikmati karena latar yang keren dari tiga layar LED.

Pertunjukan Kejutan dari AKB48 di Ulang Tahun Teater JKT48
Dari kiri: Center Tim J Cindy Yuvia, Kapten Tim J Shania Junianatha, dan GM AKB48 Yokohama Yui (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Member JKT48 juga meminta seorang fans untuk memberikan harapannya kepada JKT48. Seorang fans bernama Surya lantas berdiri. Dia mengaku sebagai fans yang sudah lebih dari setahun tidak lagi menonton JKT48. Tetapi, perubahan pada Teater JKT48 yang makin nyaman membuatnya kembali menonton.

’’Saya bersyukur JKT48 masih ada. Semoga dengan semangat Reboost, JKT48 bisa sampai 10 atau 20 tahun lagi,’’ harapnya. Untuk diketahui, Reboost adalah semangat baru yang diusung JKT48. Mereka melakukan restart konsep dan kembali ke awal lagi. Berbagai perubahan termasuk renovasi teater adalah salah satunya.

Show spesial itu berjalan hampir satu jam ketika Shania memanggil seluruh member JKT48 yang berjumlah 60 gadis. Show ditutup dengan dengan lagu sendu Pesawat Kertas 365 Hari. Kejutan besar itu muncul ketika lagu selesai dibawakan. ’’Karena hari ini spesial banget. Kita kedatangan tamu spesial!,’’ kata Shania.

Tiba-tiba, muncul 16 member lain dengan seragam berbeda. Fans mafhum. Itu adalah AKB48. Mereka langsung berteriak memanggil beberapa nama member. Seperti General Manager AKB48 Yokohama Yui (Yuihan) maupun Rena Nozawa, eks member JKT48 yang kini bergabung dengan AKB48. Kejutan itu benar-benar tidak disangka.

Pertunjukan Kejutan dari AKB48 di Ulang Tahun Teater JKT48
Eks member JKT48 Rena Nozawa (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

’’Sekarang kami akan menyanyikan satu lagu,’’ kata Yuihan disambut tepuk tangan dan sambutan meriah. Teriakan makin keras ketika tahu yang dinyanyikan adalah River. Itu salah satu lagu bertenaga dengan koreografi keren dan lirik menggugah semangat. Fans benar-benar terhibur meski AKB48 hanya menyanyikan satu lagu.

Meski demikian, itu mencatatkan sejarah baru. Bahwa untuk kali pertama, ada member AKB48 yang tampil di Teater JKT48. Penggemar juga bisa bernostalgia bersama Rena Nozawa yang meninggalkan JKT48 pada 2014 ke Jepang. Gadis Tokyo 20 tahun itu juga masih ingat Bahasa Indonesia.

Malah, Rena menjadi penerjemah ketika member JKT48 maupun AKB48 berbicara. Eks member generasi pertama JKT48 itu juga beberapa kali bertanya kepada fans, apakah kangen padanya. ’’Masih ingat aku? Senang banget bisa berdiri di sini lagi,’’ katanya disambut sorakan fans.

Tidak lama member AKB48 di atas panggung teater. Setelah beberapa obrolan, menyanyikan lagu berjudul Terima Kasih, dan pengumuman dari GM JKT48 Melody Nurramdhani Laksani, pertunjukan diakhiri dengan letusan convetti. Yokohama Yui dari AKB48 mendorong masuk kue ulang tahun.

Kue dengan angka 6 itu lantas dibawa ke tengah panggung. Setelah menyanyikan lagu Air Mata Surprise, mereka meniup kue ulang tahun. Pertunjukan lantas benar-benar berakhir setelah Kapten JKT48 Shania Junianatha membacakan surat untuk mengungkapkan perasaannya terkait keberadaan Teater JKT48. Selain tampil di Teater JKT48, AKB48 juga ada di music festival Jak-Japan Matsuri. Pada Minggu (9/9), AKB48 akan tampil bersama JKT48. 

(dim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up