JawaPos Radar

Pertukaran Member, Sayaya Gabung JKT48 dan Stefi ke AKB48

09/09/2018, 23:47 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
Pertukaran Member, Sayaya Gabung JKT48 dan Stefi ke AKB48
Kawamoto Saya (Sayaya) dari AKB48 akan bergabung ke JKT48 dan Stefi yang saat ini member Tim J JKT48 (kanan) akan ke AKB48 (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)
Share this

JawaPos.com – Festival musik yang digelar untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, memberi kejutan untuk penggemar JKT48. Pada show Minggu (9/9) sore, diumumkan ada pertukaran jangka pendek antara member JKT48 dan AKB48.

Pengumuman itu disampaikan setelah JKT48 dan AKB48 tampil bersama di atas panggung Music Festival. General Manager AKB48 Group Yokoyama Yui mengumumkan pertukaran pelajar itu. Pengumuman itu disampaikan dalam Bahasa Jepang yang diterjemahkan oleh Kapten Tim Ayana Shahab.

Isi pengumuman itu, Kawamoto Saya yang bergabung di AKB48 sejak 2013 akan ke JKT48. Sedangkan Stephanie Pricilla Indarto Putri dari Tim J JKT48 akan ke AKB48. ’’Terhitung sejak pertengahan September selama satu bulan,’’ ujar Ayana Shahab yang menerjemahkan ucapan Yuihan (sapaan Yokoyama Yui).

Lebih lanjut Yuihan menyampaikan, bahwa pertukaran itu merupakan bagian untuk mendukung persahabatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang-Indonesia. Sayaya (sapaan Kawamoto Saya) mulai bergabung JKT48 sejak 15 September. Sedangkan Stefi, bergabung ke AKB48 mulai 17 September.

Pertukaran Member, Sayaya Gabung JKT48 dan Stefi ke AKB48
Kawamoto Saya (Sayaya) dan Stefi (kanan) mengaku sama-sama mengkhawatirkan bahasa sebagai kendala pertukaran member (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Bagi fans Sayaya di Jepang yang akan mengikuti handshake event, jangan khawatir kalau dia tidak datang. Sebab, manajemen memastikan Sayaya akan ke Jepang untuk mengikuti handshake event. Disebutkan juga, mereka berdua akan saling mengikuti berbagai kegiatan di AKB48 maupun JKT48.

Usai pertunjukan, Sayaya dan Stefi menggelar press conference. Keduanya mengaku sedang mempersiapkan bahasa. Sebab, dua hal itu yang dinilai bakal menjadi halangan terbesar. ’’Saya sudah belajar Bahasa Jepang sejak dua bulan lalu. Tapi, itu tidak cukup,’’ kata Stefi.

Sedangkan Sayaya, mengaku baru menghafal beberapa lagu JKT48. Kemampuan Bahasa Indonesia juga di bawah rata-rata. Selain lagu, yang sudah dihafalkan dengan keras adalah jikoshoukai atau perkenalan dalam Bahasa Jepang. ’’Belajar Bahasa Indonesia belum banyak. Misalnya perkenalan untuk di stage,’’ terangnya.

Pertukaran Member, Sayaya Gabung JKT48 dan Stefi ke AKB48
Kawamoto Saya saat ini adalah member Tim 4 AKB48 (AKB48)

Proses Pemilihan Pertukaran Member

Stefi mengungkapkan, proses untuk menentukan member yang dikirim ke AKB48 melalui sebuah audisi. Sebelumnya, para member diminta untuk presentasi tentang apa yang bisa disumbangkan untuk mendukung 60 tahun persahabatan Jepang-Indonesia. Terutama, dari profesinya sebagai member JKT48.

Dia meyakinkan manajemen kalau sudah belajar Bahasa Jepang. Selain itu, Stefi yang sudah merasakan di semua tim JKT48 disebut sebagai nilai tambah. Termasuk, lolos jadi senbatsu single Uza. ’’Aku sampaikan prestasi di JKT48. Mulai dari trainee 15 bulan, Tim T 15 bulan, Tim KIII 15 bulan dan sekarang di Tim J,’’ jelasnya.

Sedangkan di AKB48, Sayaya mengatakan tidak ada proses audisi. Dia tidak tahu kenapa yang terpilih untuk ke Jakarta. Namun, Sayaya tidak mempermasalahkan itu. Sebab, dia mengaku pernah ke Jakarta dan suka. ’’Aku akan memberikan yang terbaik. Menunjukkan Sayaya yang bekerja keras di sini,’’ tandasnya.

Lantas, apakah pertukaran itu membuat Sayaya otomatis menggantikan Stefi di Tim J dan Stefi masuk ke Tim 4 AKB48? Sampai berita ini diturunkan belum ada kepastian. Manajemen belum menjelaskan apakah otomatis seperti itu. Sebab, belum tahu juga Sayaya akan berlatih setlist teater apa di JKT48.

(dim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up