alexametrics

Joko Anwar Sempat Dijuluki Kritikus Film Bermulut Pedas

8 November 2019, 12:10:20 WIB

JawaPos.com – Sebelum namanya tenar sebagai sutradara, Joko Anwar sempat menjadi seorang kritikus film. Dia mengaku kerap bicara blak-blakan soal kualitas film dari sudut pandang pribadinya. Kejujurannya dalam menilai dan membedah sebuah karya film membuatnya sempat mendapat julukan kritikus bermulut pedas.

“Dulu saya pernah jadi kritikus film. Ini cerita pribadi ya, karena dulu saya sebagai kritikus film dianggap sebagai kritikus yang pedas. Saya suka dengan status kritikus yang julid,” ujar Joko saat ditemui di bilangan Blok M, Jakarta Selatan.

Bukan tanpa alasan Joko kerap menguliti sebuah film yang ia kritik pada masa itu. Dia ingin mengurai film sampai sedetail-detailnya dengan harapan dapat menjadi pembelajaran untuk dirinya dan orang-orang yang berkecimpung di industri perfilman. Dengan demikian, karya film selanjutnya diharapkan dapat meningkat dari sisi kualitas.

“Saya pikir itu cukup efektif. Saya menjadi julid karena ingin menjadi kritikus film yang mencoba untuk mengurai sebuah film sebagai bahan pembelajaran buat pembaca dan diri saya sendiri,” tuturnya.

Meski demikian, Joko tidak serta merta mendiskreditkan film yang berkualitas buruk. Buatnya, itu tetap sebuah karya seni yang harus dihargai.

“Film yang paling jelek sekalipun adalah sebuah puisi indah tentang bagaimana seseorang bercerita lewat film, tapi gagal. Sekarang saya memandang sebuah film untuk dinikmati, bukan untuk dicari celah kesalahannya,” kata Joko.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads