alexametrics

Liu Yifei, Bintang Tiongkok yang Dipercaya Perankan ‘Mulan’

8 Juli 2019, 17:11:56 WIB

JawaPos.com – Rasa penasaran akan siapa yang memeran Hua Mulan pun terjawab lewat teaser trailer pertama live-action ‘Mulan’. Aktris Liu Yifei atau yang dikenal sebagai Crystal Liu akhirnya dipercaya memerankan tokoh ikonik Disney, Mulan.

Lalu, bagaimana proses terpilihanya Liu Yifei? Dan bagaimana kiprahnya di panggung perfilman?

Seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Senin (8/7), proses casting Mulan memang memakan waktu lama. Sutradara Niki Caro dan tim casting melakukan pencarian peran yang cocok untuk Mulan selama setahun. Bahkan, proses tersebut membawa tim casting ke lima benua dan telah menemui hampir 1.000 kandidat sebelum bertemu Liu Yifei.

Langkah ini dilakukan demi mengeluarkan karakter yang kuat. Sehingga tim produksi fokus pada casting aktris etnis Tionghoa. Tak hanya itu, dilansir dari laman W, kemampuan dalam berbicara Inggris dan keterampilan bela diri yang mumpuni juga masuk dalam pertimbangan saat memilih peran Mulan.

Yup, Liu sendiri memang fasih berbahasa Inggris. Ia diketahui sempat tinggal di Queens dari usia 10 hingga 14 tahun.

Sedangkan untuk kemampuan bela dirinya, Liu memang tak asing dengan dunia Wuxia atau cerita pendekar atau hero bela diri. Banyak peran Liu yang populer saat terlibat dalam proyek-proyek Wuxia. Seperti serial TV Demi-Gods and Semi-Devils (2003) dan The Return of the Condor Heroes (2006). Serta film-film seperti The Forbidden Kingdom dan The Four trilogy.

Liu Yifei ternyata juga memiliki karir di dunia tarik suara. (Harpers bazaar)

Sehingga, meski namanya kurang dikenal di dunia perfilman Barat, aktris berusia 31 tahun ini telah lama populer di Tiongkok. Bahkan, Liu dikenal sebagai ‘Fairy Sister’ karena sikapnya yang halus dan penampilannya yang manis di antara aktris muda paling sukses di Tiongkok.

Tak hanya dalam perfilman, ternyata Liu juga berkarya di bidang seni lainnya. Selain akting, Liu telah menjadi model dan dilatih secara formal agar bisa bermain piano. Termasuk berkarir di dunia musik.

Ia menandatangani kontrak dengan Sony Music Entertainment Jepang pada tahun 2005 untuk karir bernyanyinya. Setahun kemudian, dia merilis album self-titled berbahasa Tiongkok dan Jepang.

Bahkan, singlenya ‘Mayonaka no Doa’ menjadi tema penutup untuk 13 episode pertama Powerpuff Girls Z, sebuah serial anime Jepang yang didasari dari kartun Amerika yang populer. Namun, dia belum merilis album lagi sejak 2006. Meski demikian, telah menyanyikan lagu-lagu untuk filmnya sendiri. Termasuk 2017 Once Once a Time.

Selain menjadi salah satu aktris paling populer di Tiongkok dan tampil di beberapa drama televisi, Liu juga berakting dalam film barat. Seperti The Forbidden Kingdom pada 2008 bersama Jackie Chan dan Outcast dengan Nicolas Cage pada 2014.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads