alexametrics

Festival Sinema Australia Indonesia 2019 akan Dihelat di 5 Kota Besar

8 Maret 2019, 17:53:58 WIB

JawaPos.com – Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) kembali diadakan untuk keempat kalinya tahun ini. Berbeda dari tahun sebelumnya, film-film terbaik dari Australia dan Indonesia akan ditayangkan di 5 kota, mulai dari 14-31 Maret 2019.

“Tahun ini, kami melebarkan sayap ke lima kota dari yang sebelumnya empat kota. Tahun ini, kami hadir di Jakarta, Surabaya, Makassar, Bandung, dan Kota Mataram, Lombok,” ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia, H. E, Mr. Gary Quinlan di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (8/3).

“Kita ingin festival ini menggapai penonton lebih banyak lagi. Kalau bisa seluruh Nusantara, Bandung juga merupakan kota yang menarik dan menjadi sentra anak muda, begitu pula dengan Lombok,” lanjutnya.

TRAILER ADA APA DENGAN CINTA 2 | OFFICIAL #AADC 2 (YouTube/Miles Films)

Sederetan film asal Australia siap ditayangkan di FSAI 2019 termasuk film pendek pilihan yang ditampilkan di Flickerfest, festival film pendek Australia yang terkenal di dunia.

FSAI akan dibuka dengan pemutaran perdana Ladies in Black, film berlatar tahun 1959 yang menceritakan awal mula transformasi Australia dan kebangkitan kemerdekaan perempuan di masyarakat.

Selain itu, sejumlah film seperti Gurummul, Occupation, Storm Boy, The Song Keepers juga akan ditampilkan. Mewakili Indonesia, terpilihlah Ada Apa Dengan Cinta?, Ada Apa Dengan Cinta 2 dan The Seen and Unseen.

“Film-film Australia yang dipilih adalah film-film menarik mulai dari opening film ini Ladies in Black dan berbagai genre lainnya,” tutur sutradara Mira Lesmana.

“Kalau Ada Apa Dengan Cinta Dipilih mereka mungkin pertimbangannya karena jadi awal mula kebangkitan film Indonesia kan,” lanjut Mira.

FSAI 2019 didukung oleh Australia now ASEAN, sebuah inisiatif pemerintahan Australia untuk merayakan inovasi, kreativitas, dan gaya hidup Australia di Asia Tenggara sepanjang 2019. Tiket untuk semua pemutaran film tersedia secara gratis di fsai2019.eventbrite.com.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Yuliani


Close Ads
Festival Sinema Australia Indonesia 2019 akan Dihelat di 5 Kota Besar