alexametrics

JakJazz Festival Kembali Unjuk Gigi Setelah 6 Tahun Vakum

7 Desember 2019, 10:33:22 WIB

JawaPos.com – JakJazz Festival bakal kembali digelar pada 2020 mendatang setelah sekitar enam tahun vakum. Kabar tersebut dibenarkan oleh Tommy Maulana selaku festival director yang juga putra pendiri JakJazz Festival almarhum Ireng Maulana.

Menandai kembalinya JakJazz Festival pada pertengahan tahun depan, pihak penyelenggara membuat pemanasan lewat gelaran kickoff konser yang mengusung tajuk JakJassin Aja di Livespace SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, pada Jumat (6/12).

Sejumlah penyanyi ikut tampil di kickoff concert JakJazz tersebut. Mereka adalah Eva Celia, Barry Likumahuwa, Andien, Cantika Abigail, Indra Lesmana Margie Segers, Idang Rasjidi, Sastrani dan Demas Narawangsa. Pemilihan sejumlah penyanyi muda tersebut, kata Tommy, selaras dengan visi baru JakJazz Festival yang ingin adanya regenerasi.

“Masukan dari teman-teman musisi akhirnya kami temukan visi misi baru. Yaitu JakJazz masih dibutuhkan sebagai wadah regenerasi bagi musisi jazz yang muda-muda. Ini sejalan dengan visi misi yang hendak mengemban tongkat estafet,” ungkap Tommy.

Dia mengaku JakJazz sempat vakum hingga enam tahun lamanya karena bingung target pencapaian apalagi yang hendak diraih. Karena JakJazz yang digelar sejak 1988 ini sudah mencetak sejumlah prestasi baik di dalam hingga luar negeri. Bahkan ia sempat menjadi percontohan bagi sejumlah negara di Asia Tenggara.

“Kita sudah pernah menjadi festival besar yang menjadi percontohan bagi banyak orang di Indonesia bahkan di Asia Tenggara,” tuturnya. Namun sejak menetapkan visi baru, pihak penyelenggara memiliki semangat baru untuk kembali hidupkan JakJazz setelah cukup lama mati suri.

Sekalipun ada visi baru dalam JakJazz, Tommy memastikan visi almarhum Ireng Maulana tetap harus ada sampai kapanpun. Visi mendiang Ireng mau menjadikan JakJazz sebagai rumah bersama para musisi.

Tommy lebih lanjut mengatakan, pihaknya sangat terbuka terhadap musisi di luar genre jazz untuk tampil di JakJazz Festival. “Kalau ada musisi di luar jazz mau main enggak apa-apa, tapi mereka harus tetap mengapresiasi musik jazz. Musisi rock misalnya, mereka bukan bikin rock JakJazz, tapi bisa melebur dengan jazz,” paparnya.

Sementara itu, Cantika Abigail yang merupakan penyanyi muda yang juga salah satu personel GAC mengaku bangga bisa terlibat dalam JakJazz. Dia merasa di rumah ini sangat kental semangat kekeluargaannya. Meski dirinya tidak berangkat dari genre musik jazz, tetap bisa diterima dengan sangat baik.

“Aku sebagai musisi yang bukan dari genre jazz tetap diterima di sini. Senang banget pastinya,” ucap Cantika yang beberapa waktu lalu merilis debut single Start Over.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rahman


Close Ads