JawaPos Radar

Film Siti Akhirnya Boleh Tayang

07/01/2016, 08:40 WIB | Editor: afni
Film Siti Akhirnya Boleh Tayang
Sutradara Film Siti, Eddie Cahyono tidak menyangka karyanya bisa menang di ajang FFI 2015. (Dedi Yondra/Jawapos.com)
Share this

Jawapos.com- Sebagai film terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2015, Siti tak kunjung tayang di bioskop. Izin pemutaran belum diturunkan Lembaga Sensor Film (LSF).

 

Namun, masalah itu akhirnya terpecahkan. Film besutan sutradara Eddie Cahyono tersebut bakal diputar di bioskop mulai 28 Januari.

Sang produser, Ifa Isfansyah, menyatakan bersyukur film berformat hitam putih itu akhirnya lulus sensor. Menurut dia, sudah banyak pihak yang menanyakan kapan film yang kali pertama tayang di Jogja-Netpac Asian Film Festival 2014 tersebut tayang di bioskop.

’’Alhamdulillah, film Siti akhirnya bisa menjumpai penikmatnya nanti secara lebih luas,’’ kata Ifa saat dihubungi kemarin (6/1).

Ifa mengungkapkan, keluarnya izin film Siti untuk beredar di seluruh bioskop tanah air sekaligus merupakan angin segar bagi industri perfilman nasional. ’’Siti ini juga menambah keragaman film di Indonesia,’’ tuturnya.

Ifa mengakui, untuk bisa lolos, sejumlah adegan terpaksa dibuang. Tapi, dia memastikan hal itu tak berpengaruh pada jalan ceritanya. Menantu Garin Nugroho tersebut belum tahu jumlah layar yang disiapkan untuk film berdurasi 88 menit itu.

Siti merupakan film yang membawa cerita sederhana. Dibintangi Sekar Sari, Bintang Timur, dan Haydar Saliz, film tersebut mampu menyabet berbagai penghargaan bergengsi di luar maupun di dalam negeri.

Di antaranya, Best Performance for Silver Screen Award di Singapore International Film Festival 2014, Best Scriptwriter di Shanghai International Film Festival 2015, dan terakhir di FFI 2015 sebagai Film Terbaik. (dod/c23/ayi)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up