alexametrics

Garin Nugroho Bagi Ilmu Penyutradaraan Film Lewat Workshop Online

6 Juni 2020, 20:40:17 WIB

JawaPos.com – Para insan kreatif yang memiliki minat tentang dunia film dan penyutradaraan yang berada di daerah-daerah kini semakin termudahkan terkoneksi tokoh hebat di bidangnya. Kali ini sutradara Garin Nugroho berbagi ilmu dan pengalamannya lewat workshop online dengan peserta dari berbagai daerah di Tanah Air.

Workshop online ini berawal dari sebuah kompetisi yang digelar di akun Instagram @indonesia_kaya beberapa waktu lalu. Akun ini mengajak para penikmat seni untuk mengirimkan proposal dalam bentuk tulisan ide kreatif maksimal 2 halaman.

Dari proposal yang masuk, dipilih 100 orang peserta dengan ide kreatif terbaik. Para peserta terpilih ini kemudian memilih salah satu tema yang sudah disiapkan dengan kapasitas masing-masing 50 peserta. Tema pertama tentang Mengolah Ide Kreatif yang sukses digelar pada Sabtu, 30 Mei 2020.

Sementara tema kedua tentang Dramaturgi Dalam Penyutradaraan diselenggarakan pada hari ini Sabtu (6/6). Para peserta berkesempatan mendapatkan ilmu dan mengorek pengalaman langsung dari Garin Nugroho.

Garin mengaku senang sekali dapat berbagi pengalaman dengan anak-anak muda yang memang memiliki minat tinggi di bidang dunia seni.

“Walau diselenggarakan secara virtual, sangat menarik dapat berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman tentang cara mengolah ide kreatif dan penyutradaraan dalam sebuah pertunjukan. Program ini bermanfaat dalam mengisi masa pandemi dengan kegiatan edukatif bagi seniman muda agar tetap menjaga kreativitas dan semangat berkarya,” ujar Garin Nugroho, Sabtu (6/6).

Dalam tema Mengolah Ide Kreatif, Garin Nugroho membagikan berbagai pengalamannya sebagai sutradara dalam mencari ide, tema dan menentukan story-telling yang tepat dalam sebuah karya. Sutradara yang sejumlah karyanya telah ditampilkan dalam berbagai festival film di banyak negara ini juga berbagi tips dslam menghadapi tantangan kerjasama internasional bagi karya-karya seni pertunjukan.

“Seorang sutradara juga harus menemukan benang merah antara tema dengan situasi sosial masyarakat agar dapat menemukan pasar yang tepat sesuai dengan tema yang diangkat,” kata Garin Nugroho.

Dalam workshop Dramaturgi dalam Penyutradaraan, Garin memulai pembahasan tentang apa itu dramaturgi dan perannya dalam sebuah karya. Khususnya dalam karya seni pertunjukan.

“Setiap karya yang saya hasilkan membuka kesempatan munculnya dialog dan kedewasaaan dalam mengapresiasi karya seni. Meski kemungkinan muncul konsekuensi di masyarakat, kita harus memiliki keberanian untuk terus mengelola itu dan menumbuhkan ruang bebas ekspresi,” tandas Garin Nugroho.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman



Close Ads