alexametrics

Jokowi Teken PP Royalti, Anang Hermansyah Minta Segera Diterapkan

6 April 2021, 22:49:10 WIB

JawaPos.com – Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu mendapat apresiasi dari kalangan musisi hingga pengamat musik. PP itu dianggap dapat dapat meningkatkan kesejahteraan para musisi dan pencipta lagu.

Musisi Anang Hermansyah meminta kementerian terkait membuat tindak lanjut dari PP No 56 tahun 2021. Yakni, berupa aturan teknis yang terperinci dalam operasional PP tersebut.

Dengan hadirnya aturan teknis dari PP tentang royalti hak cipta lagu itu, maka pelaksanaan di lapangan bisa diterapkan lebih cepat. “PP No 56 Tahun 2021 ini membawa angin segar bagi ekosistem musik di Indonesia. Kami menyambut positif komitmen pemerintah,” kata Anang dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Selasa (6/4).

Sebelumnya Presiden Jokowi menandatangani PP No 56 tahun 2021. PP yang diteken pada 30 Maret 2021 itu menyatakan bahwa penggunaan lagu atau musik secara kemersial ataupun layanan publik diharuskan membayar royalti kepada pencipta atau pemegang hak cipta melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 ayat (1).

Bentuk layanan publik yang bersifat komersial meliputi seminar dan konferensi komersial, restoran, kafe, pub, bistro, kelab malam, dan diskotek, konser musik, pesawat udara, bus, kereta api, kapal laut, pameran, bazar, bioskop, nada tunggu telepon, bank dan kantor, pertokoan, pusat rekreasi, lembaga penyiaran televisi, lembaga penyiaran radio, hotel, kamar hotel, fasilitas hotel dan usaha karaoke.

Dengan ketentuan tersebut, Anang berharap tercipta ekosistem dunia musik di Indonesia yang diikuti dengan turunan pelaksanaan di lapangan yang bagus dan kongkret. Jika aturan itu berjalan lancar sampai ke tahap pelaksanaan, suami Ashanty itu optimistis dapat meningkatkan pemasukan royalti secara signifikan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads