Ibu Datang Lagi, Pengabdi Setan Kembali Diputar di Bioskop

5 November 2020, 20:13:46 WIB

JawaPos.com – Pengabdi Setan sukses menjadi film Indonesia terlaris pada tahun perilisannya, tiga tahun lalu. Reboot film horor berjudul sama yang diluncurkan pada 1980 itu juga menjadi film horor Indonesia dengan raihan penonton terbanyak. Yakni, 4.206.103 orang. Film karya Joko Anwar tersebut diputar di berbagai negara dan memenangkan sejumlah penghargaan di festival film genre.

Setelah berkeliling di sejumlah festival film internasional dan menebar ketakutan di berbagai streaming platform, Ibu (Ayu Laksmi), karakter hantu di Pengabdi Setan, akhirnya datang lagi ke bioskop. Pengabdi Setan diputar mulai Selasa (3/11) di jaringan bioskop XXI yang sudah dibuka.

Joko sempat mengumumkan pemutaran film horornya itu di Instagram Story. Sutradara asal Medan tersebut mengunggah klip kolase behind-the-scenes dan potongan adegan Pengabdi Setan. ’’Mereka kembali ke bioskop hari ini.’’ Demikian tulisan dalam klip kolase itu.

Dihubungi Rabu siang (4/11), produser Rapi Films Sunil Samtani membenarkan bahwa Pengabdi Setan bisa dinikmati lagi di layar lebar. ’’Kebetulan, pihak XXI sempat hubungi kami untuk menanyakan film terbaru. Tapi, karena produksi terhenti akibat pandemi, belum ada film baru lagi,’’ terangnya.

Karena jaringan bioskop XXI baru saja dibuka, pihak bioskop tetap memerlukan film untuk menarik penonton. Juga, menggerakkan kembali roda ekonomi industri bioskop yang sempat terpuruk akibat pandemi. Dengan memilih Pengabdi Setan untuk diputar lagi di bioskop, Sunil berharap film tersebut bisa menarik perhatian penonton. ’’Mungkin pas 2017 ada yang belum sempat nonton,’’ tambah Sunil.

Meski Pengabdi Setan sudah dirilis di berbagai streaming platform, Sunil tetap yakin bahwa film itu bisa memberi pengalaman lebih jika ditonton di bioskop. Misalnya, atmosfer horor yang kian terasa berkat suasana gelap atau efek suara yang lebih kuat.

Di sisi lain, Joko ingin mendukung bisnis bioskop yang mulai beroperasi. ’’Bioskop masih jadi moda distribusi film yang terbesar saat ini untuk film Indonesia. Kalau tidak ada film di bioskop yang sudah dibuka, penonton mau nonton apa,’’ kata sutradara Perempuan Tanah Jahanam tersebut.

Saat Joko mengunggah klip kolase, banyak warganet yang mengira bahwa klip itu adalah teaser Pengabdi Setan 2. Sebab, kabar pembuatan sekuel Pengabdi Setan tersebut sempat santer berembus di kalangan penggemar. Namun, Joko dan Sunil menegaskan bahwa Pengabdi Setan yang kini diputar di bioskop adalah versi yang sama persis dengan perilisan pertamanya tiga tahun lalu.

Terkait Pengabdi Setan 2, Joko enggan berkomentar banyak. ’’Belum ada kabar sih,’’ ujarnya. Namun, sutradara yang juga menulis skenario itu mengatakan, cerita dari universe Pengabdi Setan cukup panjang. Banyak teka-teki yang belum terjelaskan di film pertama. Mulai sosok Darminah (Asmara Abigail) pada akhir film hingga sekte pemuja setan yang diikuti Ibu. ’’Kalau ada Pengabdi Setan 2, harus dijawab pertanyaan-pertanyaan itu,’’ imbuh Joko.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : len/c18/ayi

Saksikan video menarik berikut ini: