alexametrics

Film You and I Menangkan Penghargaan Internasional

4 Mei 2021, 21:24:12 WIB

JawaPos.com–Film You and I berjaya. Film itu memenangkan penghargaan pada ajang Copenhagen Internasional Documentary Festival yang juga dikenal dengan sebutan CPH:DOX untuk kategori Next:Wave Award. Penghargaan itu diumumkan di Denmark, beberapa waktu lalu.

CPH:DOX adalah sebuah festival film dokumenter internasional yang digelar sejak 2003. Diselenggarakan setiap tahun di Kopenhagen, Denmark. CPH:DOX, salah satu festival film dokumenter terbesar di Eropa.

Next:Wave Award adalah salah satu kategori di CPH:DOX yang berfokus memutar karya perdana dari berbagai rumah produksi film di seluruh dunia. Juri untuk kategori Next:Wave Award di CPH:DOX 2021 berjumlah tiga orang. Mereka adalah  Annabel Brady editor sekaligus kritikus (Australia), Young-woo Kim, festival programmer (Korea Selatan), dan Pacho Velez, sutradara (USA).

Film You and I menang setelah bersaing dengan 11 film lain dari berbagai negara. Di antaranya film dari Venezuela, Serbia, Prancis, Denmark, Belanda, Iran, hingga Inggris, untuk kategori Next:Wave Award di CPH:DOX 2021.

Film You and I dari Indonesia mengalahkan 11 film lain di kategori tersebut. Yaitu film  A story of One’s own (Prancis), All In ( Belgia, Belanda, dan Prancis), Cannon Arm and The Arcade Quest (Denmark), Captains of Zaatari (Mesir), Dark Blossom (Denmark), Eastwood (Iran), Fiasco (Lebanon dan Belanda), Holgut (Belgia), Reconciliation (Slovenia, Serbia, Montenegro, dan Kosovo), So Foul A Sky (Kolombia, Spanyol, UK, dan Venezuela), dan The Soldier (Denmark).

Film garapannya memenangkan penghargaan internasional, Fanny Chotimah mengatakan, itu adalah bonus dari kerja keras bersama tim. Dia bangga akan penghargaam itu sebab menggarap filmnya dengan sepenuh hati.

”Tentu merupakan sebuah kehormatan untuk terpilih sekaligus memenangkan penghargaan ini. Karenanya, film ini penting untuk juga bisa diapresiasi di dalam negeri,” ungkap Fanny dalam keterangan tertulis diterima JawaPos.com.

Film You and I bercerita tentang Kaminah dan Kusdalini, dua orang tahanan politik yang dipertemukan di dalam penjara. Kisah dari film ini menunjukkan bagaimana Kaminah dan Kusdalini mengenang kehidupan pahit mereka sebagai mantan tahanan politik pada 1965. Film itu dibuat untuk tidak melupakan sejarah kelam yang pernah mereka lewati.

Fanny berhasil menjahit cerita dengan baik dengan menelusuri detail kehidupan sehari-hari sambil merefleksikan tahun-tahun yang mereka habiskan di penjara. Film itu memadukan catatan sejarah dan pengamatan, membawa penonton ke momen katarsis yang kuat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads