alexametrics

Setlist Fajar Sang Idola Bikin Tim J Jadi Marching Band Sampai Preman

4 Maret 2019, 14:04:20 WIB

JawaPos.com – Setelah hampir 2 tahun menampilkan pertunjukan Sekarang Sedang Jatuh Cinta (Tadaima Renaichuu), semalam Tim J memperkenalkan setlist barunya. Yakni, Fajar Sang Idola (Idol no Yoake) pada Minggu (3/3) di Teater JKT48 FX Sudirman. Pertunjukan yang fresh dan lagu yang asyik membuat setlist baru itu sayang untuk dilewatkan.

Sebanyak 16 lagu dilantunkan dengan enerjik oleh Tim J. Meski setlist baru dan latihan dalam waktu hampir sebulan, pertunjukan semalam disajikan dengan rapi. Para member dengan semangat dan lincah menyanyikan lagu-lagu yang penuh semangat, sampai sedih. Tak banyak error yang terjadi.

Show dibuka dengan lagu Fajar sang Idola (Idol no Yoake) yang membuat Tim J JKT48 benar-benar tampil beda. Sebab, mereka tampil ala marching band. Sesuatu yang belum pernah dibawakan oleh JKT48. Sesuatu yang fresh itu membuat semangat fans langsung bergelora ketika para member mulai memainkan alat musiknya.

Setlist Fajar Sang Idola Bikin Tim J Jadi Marching Band Sampai Preman
Dari kiri: Amel, Julie, Sinka, dan Diani usai membawakan lagu Berandalan di Surga, Minggu (3/3) di Teater JKT48 (Twitter @SinkaJ_JKT48)

’’Aku bawa snare drum. Gede banget. Tapi belum bisa seimbang memainkannya pakai tangan kanan dan kiri,’’ ujar Sinka Juliani. Dia bilang, karena tidak biasa memainkan alat musik itu, jadinya tangan kanan yang lebih banyak dipakai. Namun, pelatih bilang tangan kiri harus bisa menyelaraskan.

Saat ke Jawa Pos, Senin (4/3), Sinka mengaku sangat grogi. Sebab, dia dapat informasi kalau snare drum yang dia mainkan menempati posisi kunci. Jika ritmenya salah, maka pertunjukan itu bisa kacau. Itulah kenapa, Sinka tegang dan harus focus membawa alat musik berukuran besar itu.

Empat lagu awal dari Fajar sang Idola bisa dikatakan sebagai nyawa pertunjukan itu. Sebab, di empat lagu itu mereka harus berganti kostum. Tidak seperti biasanya yang satu kostum untuk dua lagu. Puncaknya, pada lagu ke-4 yakni Kebenaran Tinju Ini (Kobushi no Seigi) yang mengenakan kostum ala gangster.

’’Kalian (fans) sadar nggak sih, kita dari marching band menjadi preman,’’ ujar Center Tim J Cindy Yuvia kepada para penonton. Supaya waktu pertunjukan tidak molor, mereka harus bisa berganti baju dengan cepat. Termasuk, mengenakan baju rangkap tiga supaya lebih cepat.

Member yang akrab disapa Yupi itu menambahkan, kesuksesan setlist itu dipertaruhkan pada 4 lagu pertama. Terutama, saat marching band muncul dan memainkan alat musik. ’’Harus bagus. Supaya yang nonton bisa langsung melihat wah-nya setlist ini,’’ imbuhnya.

Member Tim J lainnya, Feni Fitriyanti menambahkan kalau koreografi dari setlist itu bisa diatasi dengan baik oleh teman-temannya. Yang sulit adalah soal baju. Apalagi, lagu pertama ke kedua sangat cepat. ’’Jadinya, di belakang panik. Seperti aku dan Aya (Nurhayati) yang bawa alat musik berukuran panjang,’’ imbuhnya.

Setelah empat lagu awal, pertunjukan dilanjutkan dengan kebolehan para member di unit song. Pertunjukan yang fresh membuat aksi para member makin enak ditonton. Apalagi, saat lagu ke-8 yang berjudul Berandalan di Surga (Tengoku Yarou). Sinka muncul mengenakan kostum suster, Diani mengenakan jaket Gojek, Julie menjadi polwan, dan Amel yang jadi pekerja kantoran.

Penampilan mereka seru dan kocak karena menggunakan kostum yang akrab dilihat fans. Aksi mereka mengundang tawa ketika di koreografi seperti terjatuh, lantas Sinka menunjukkan gerakan seperti suster ngesot. ’’Itu lagu yang ngajak have fun, apapun profesinya,’’ kata Feni.

Pertunjukan yang seru itu selesai dalam waktu sekitar 2 jam. Ditutup lagi sedih berjudul Terima Kasih (Arigatou) yang membuat beberapa member JKT48 tampak meneteskan air mata. Show hari pertama setlist Fajar Sang Idola itu bisa dikatakan sukses besar. Apalagi, teater JKT48 juga full house.

Bagi Kapten Tim JGabriela Margareth Warouw, pertunjukan semalam punya arti tersendiri bagi perjalanan tim pertama di JKT48 itu. Sebab, setengah dari member yang ada baru kali pertama menggelar pertunjukan hari pertama setlist baru. Lalu, setlist itu juga menjadi yang terakhir bagi tiga member yakni Shania, Saktia dan Della.

’’Kami bersama-sama membuat memory yang menyenangkan untuk semuanya. Tim J yang isinya juga diwakili berbagai generasi JKT48 juga ditantang untuk bisa kompak,’’ terang member yang akrab disapa Gaby itu. Setelah pertunjukan itu, berarti secara resmi setlist Fajar Sang Idola akan terus dimainkan oleh Tim J di Teater JKT48 secara rutin.

Editor : Dhimas Ginanjar

Copy Editor :

Setlist Fajar Sang Idola Bikin Tim J Jadi Marching Band Sampai Preman